alexametrics

Haul Syekh Maulana Maghribi Hanya untuk Warga Lokal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemkab Batang memperbolehkan haul tahunan Syekh Maulana Maghribi Wonobodro, Kecamatan Blado. Namun kegiatan itu terbatas untuk warga lokal saja.

“Kita sudah putuskan, bukan kita melarang. Tapi karena pandemi covid ini belum selesai. Putusan kita tatap, silakan lokal saja, (jalannya haul Syekh Maulana Maghribi, Red) yang luar daerah kita tidak boleh,” tegas Bupati Batang Wihaji Rabu (18/8/2021).

Haul Syekh Maulana Maghribi di Wonobodro, sendiri biasa dilakukan tiap 13 Muharam. Pada momen itu, ribuan orang dari berbagai daerah selalu menyemut di lokasi. Guna mengantisipasi kerumunan, mulai kemarin (18/8/2021), pihaknya melakukan penyekatan di beberapa titik jalan. Mulai dari Wonotunggal, Bandar, Blado, dan Reban. Penyekatan dilakukan berlapis-lapis.

Baca juga:  Bupati Batang Tinjau Rencana TPA Limpung

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan TNI-Polri, haul silakan jalan. Tapi tidak melibatkan warga luar, kecuali di daerah dukuh situ saja,” ucapnya.

Tahun ini, puncak haul Syekh Maulana Maghribi Wonobodro jatuh pada Minggu (22/8). Karenanya, penyekatan dilakukan sampai tanggal 22 Agustus 2021. “Nanti saya juga akan ke sana, tapi ya sendirian saja, mungkin bersama forkopimda,” tandasnya. (yan/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya