alexametrics

2.880 Ibu Hamil di Batang Bakal Terima Vaksin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Sebanyak 2.880 ibu hamil bakal segera mendapatkan jatah vaksinasi Covid-19. Rencananya akan dimulai bulan Agustus 2021 ini dengan menyesuaikan ketersediaan vaksin dan petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Tidak semua ibu hamil diperbolehkan melakukan vaksinasi. Hanya ibu hamil dengan usia kehamilan 14 sampai 33 minggu saja yang jadi sasaran. “Jadi ibu hamil itu diperbolehkan vaksin pada usia 14 minggu sampai 33 minggu. Sementara data yang kami punya sebanyak 2.880 ibu hamil,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang, dr Utariyah Budisastuti kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Jumlah 2.880 tersebut akan terus berubah, menyesuaikan usia kandungan. Ada yang sudah melewati usia kandungan 33 minggu dan baru memasuki 14 minggu. Ia menjelaskan, rentang usia itu merupakan usia janin yang aman. Sementara, usia kehamilan 3 bulan pertama merupakan fase pembentukan janin yang dianggap rawan.

Baca juga:  Dua Sarjana Muda Jadi Kadus

“Kami usulkan ibu hamil karena rentan terhadap penyakit. Kehamilan membuat sistem imun wanita berubah. Maka salah satu usaha kita ya mengusulkan mendapatkan vaksin Covid-19,” jelasnya.

Saat ini, Dinkes terus melakukan sosialisasi di tiap Puskesmas. Hal itu dilakukan untuk mengedukasi para ibu hamil agar paham, tentang manfaat melakukan vaksinasi. Mengingat penyebaran Covid-19 masih terus terjadi, sehingga ibu hamil akan semakin rentan tertular. “Bidan-bidan desa sudah sosialisasi memberikan penjelasan vaksin ke ibu hamil. Insyaallah aman,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Batang dr Didiet Wisnuhardanto menambahkan, vaksinasi ibu hamil rencananya akan berlangsung pada akhir Agustus. “Kalau jadwal hari pelaksanaan belum ada, tapi diperkirakan vaksinasi ibu hamil di bulan Agustus ini. Kami sudah mengusulkan, tinggal menunggu dropping dari Pemprov Jateng,” tegasnya. (yan/ida)

Baca juga:  Ditinggal ke Masjid, Dua Rumah Ludes Terbakar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya