alexametrics

Pabrik Pakan Ternak Ambil Bahan Baku dari Petani Lokal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Bupati Batang Wihaji minta pabrik pakan ternak utamakan bahan baku dari petani lokal. Hal itu disampaikan dalam tinjauan di PT. Cheiljedang Desa Suradadi, Kecamatan Gringsing. Sinergi dengan petani lokal diperlukan agar mereka juga ikut merasakan kehadiran pabrik di wilayahnya.

Terutama untuk para petani jagung, karena sebagai bahan baku utama pembuatan pakan ternak. Ia pun berharap jika kualitas produk dari petani belum memenuhi syarat, ada pendampingan. Serta koordinasi dengan Dinas Pangan dan Pertanian, agar petani mampu memenuhi standar mutu. “Petani kita itu tidak sabar, yang penting cepat laku, cepat jadi uang untuk membayar utang. Kita maklumi, tetapi secara bertahap akan diarahkan agar jagungnya dikeringkan dulu supaya harganya bisa lebih tinggi,” jelasnya.

Baca juga:  Daftar Pemilih Batang Naik 10 Ribu Tiap Tahun

Ia menjelaskan, standar jagung yang dibutuhkan itu tingkat kekeringan atau kadar airnya 15 persen. Karenanya perusahaan perlu mengedukasi juga kepada petani jagung agar standar kekeringanya bisa masuk. Selain itu, ia menilai positif akan kehadiran pabrik tersebut di wilayahnya. PT. Cheiljedang yang berasal dari Korea Selatan itu telah mengurangi pengangguran di Kabupaten Batang. Upah pekerjanya pun melebihi UMK yaitu di atas Rp 2 juta.

Supervisor General Affair PT Cheiljedang Feed Saiful Mustofa mengatakan, pabriknya sudah berdiri lima tahun. Menempati lahan kurang lebih 7 hektare, dengan jumlah pekerja sebanyak 237 karyawan tetap dan 240 tenaga kontrak. “Kapasitas kebutuhan jagung sekitar 10 ribu ton dan sebagian sudah disuplai dari petani jagung lokal. Ketika lokal kosong kita ambil dari Gorontalo, Bima dan Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Baca juga:  Terdampak Tol, Beralih Tanam Bawang Merah

Pabriknya per bulan mampu memproduksi 20 ribu ton pakan ayam dan 5 ribu ton pakan ikan. Pakan ayam pemasarannya baru seputar Jawa dan DIY, adapun pakan ikannya dipasarkan ke seluruh Indonesia. (yan/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya