alexametrics

Tiba di Batang, Ratusan Pemudik Dirapid Antigen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Polres Batang mencatat sekitar 340 orang pendatang tiba di Batang. Mereka langsung menjalani rapid antigen setibanya di Kabupaten Batang. Kegiatan itu dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

“Hasil data kita sudah ada 340 orang di antara pemudik dari luar kota maupun luar negeri. Sudah kami rapid test antigen, hasilnya negatif semua,” ungkap Kapolres Batang AKPB Edwin Louis Sengka.

Bhabinkamtibmas di tiap Polsek dikerahkan untuk mengawasi dan mendata warga pendatang. Masyarakat yang kedapatan nekat mudik langsung mendapat arahan dan tes rapid antigen. ”Kami menyiapkan drive thru rapid test antigen di rest area Tol Semarang-Batang KM 379 A,” ujarnya.

Selain itu, ruang karantina mandiri juga disediakan. Lokasinya berada di rest area. Tempat itu disediakan untuk warga yang terindikasi positif covid. Mereka wajib melakukan karantina. “Atau kami imbau untuk putar balik. Yang jelas ketika ketahuan positif, kami akan koordinasi dengan petugas kesehatan tentang langkah yang terbaik,” jelasnya.

Baca juga:  Gerombolan Monyet Serbu Jalan Raya

Kabupaten Batang telah menyiapkan enam titik pemantauan pada Lebaran kali ini. Lokasinya di exit tol Kalibeluk dan Kandeman, rest area 360, rest area 379, pos pengamanan Luwes di Pantura Gringsing, serta pos pelayanan Alun-Alun Batang. Ada 569 personil gabungan telah disiagakan menghadapi Lebaran tahun.

Terpisah, Kasatlantas Polres Pekalongan Kota Nanik Purwaningsih mengatakan, petugas gabungan telah disiagakan di perbatasan dan titik strategis. Mereka akan memantau keberadaan pemudik dari luar daerah yang nekat masuk ke Kota Pekalongan. “Sasaran dalam operasi tersebut adalah para pemudik dari luar daerah yang akan masuk ke wilayah Kota Pekalongan. Jika ada mereka yang nekat melakukan mudik akan kami paksa untuk kembali putar balik dari arah semula,” tegasnya.

Baca juga:  Batang Segera Punya UPT Metrologi Legal

Jajaran Polres Pekalongan Kota bersama instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan tetap akan melakukan penyekatan secara tentatif di beberapa titik pos yang disiapkan, salah satunya di Exit Tol Setono Pekalongan. Penyekatan sebagai upaya mendeteksi perantau yang nekat mudik lebih awal.

Petugas akan memeriksa satu persatu kendaraan berplat nomor luar daerah Kota Pekalongan. “Selain memeriksa surat-surat, petugas juga akan mengecek kondisi kesehatan pengemudi serta penumpangnya, di antaranya cek suhu tubuh maupun melakukan tes rapid antigen,” bebernya. (yan/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya