alexametrics

Pemkab Batang Kawal Pengobatan Bayi dengan Kelainan Radial Club Hand Tipe Empat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Naira, bayi 6 bulan asal Kelurahan Proyonanggan Selatan, Kecamatan Batang menderita penyakit langka. Dokter mendiagnosanya mengidap kelainan radial club hand tipe empat. Tulang di lengan bawah bagian kanan hanya berjumlah satu. Sementara normalnya berjumlah dua tulang.

Anak pasangan Kudung Abdulah, 40, dan Umrotun Hasanah, 40, itu menderita kelainan sejak lahir. Tidak hanya tulang tangan, beberapa bagian tubuhnya juga tidak simetris. Seperti kakinya yang memiliki panjang dan besar tidak sama, mata juga kepala yang tengkleng atau miring.

“Ini tulangnya cuma satu, ini dikondisikan untuk bisa lurus. Caranya harus dioperasi, operasi pun tidak mungkin bisa seperti orang normal biasa. Namanya juga terlahir seperti ini,” ujar Umrotun pasrah menerima keadaan.

Baca juga:  Truk Terperosok, Pencuri Sapi Dibekuk

Naira lahir normal dalam usia kandungan sembilan bulan. Namun berat badannya hanya 1,6 kilogram. Tubuhnya saat itu sangat kecil, dibandingkan bayi normal yang rata-rata 3 kilogram. Umrotun pun bersyukur, di usianya yang menginjak 6 bulan, berat badan Naira sudah 6,1 kilogram. “Penanganan medis masih digips, kemarin sudah konsultasi dengan dokter dan hasil rongentnya bagus tinggal nanti menunggu umurnya 9 bulan untuk dioperasi,” ucapnya.

Sejak lahir, Naira menjalani perawatan rutin di Rumah Ortopedi Solo. Perjalanan jauh tiap minggu harus dilakukan saat kontrol. Belum ada rumah sakit yang lebih dekat dan memiliki teknologi untuk mengobati putrinya tersebut.

Mengetahui keadaan Naira dari laporan warga, Bupati Batang Wihaji pun menyempatkan menjenguknya. Pada kesempatan itu ia memastikan apa yang menjadi kebutuhan Naira. “Kita akan biayai BPJS kesehatan, karena orang tuanya hanya tukang batu, dan jangka pendeknya kita support untuk operasional kontrol ke rumah sakit,” kata Wihaji. (yan/ton)

Baca juga:  KIT Batang Jadi Proyek Percontohan Nasional

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya