alexametrics

Pandemi Mereda, Ekonomi Meningkat

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Batang – Masih dalam suasana pandemi, Kabupaten Batang merayakan hari jadinya yang ke-55 tahun. Ketua DPRD Kabupaten Batang Maulana Yusup berharap pandemi Covid semakin mereda. Agar masyarakat bisa beraktivitas kembali dengan normal.

“Pada HUT ke-55 Kabupaten Batang ini saya berharap pandemi Covid semoga cepat berakhir. Semua lapisan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali, kemudian ekonomi kembali meningkat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pandemi Covid telah mempengaruhi berbagai sektor. Mulai dari ekonomi, jasa, pariwisata, pemerintahan, pendapatan daerah, dan lain sebagainya. Pada sektor wisata, berbagai destinasi unggulan sempat tutup total sejak awal pandemi. Beruntung, Pemkab Batang bergerak dengan memulai ujicoba pembukaan area wisata pada Juni 2020.

Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) mencatat, pada 2020, wisatawan yang berkunjung ke Batang mencapai 700 ribu orang. Pendapatan sektor wisata di 2020 melampaui target. Sebelum pandemi target pendapatan sektor wisata Rp 3 miliar. Setelah munculnya pandemi covid, target diturunkan menjadi Rp 1,5 miliar, sementara realisasinya Rp 2 miliar.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang Nur Faizin menjelaskan, selain wisata, munculnya proyek strategis nasional (PSN) Kawasan Industri Terpadu Batang juga memunculkan semangat baru. Keberadaannya bisa mendongkrak berbagai sektor. Lapangan pekerjaan pun akan tersedia dalam jumlah banyak.

Ada dua proyek strategis nasional yang harus dimaksimalkan. Seperti KIT Batang dan PLTU 2 x 1.000 megawatt. KIT Batang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pendapatan asli daerah (PAD) pun akan terdongkrak. Faizin menjelaskan, saat ini dari pendapatan sebesar Rp 1,7 triliun, PAD Kabupaten Batang hanya 15 persen. Sisanya berasal dari pemerintah pusat. “Ini sebuah keuntungan, karena Pemda sudah punya saham 10 persen di KIT Batang,” jelasnya. (yan/ton)

 

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...