alexametrics

Dua Titik CCTV Pelototi Pelanggar Lalu Lintas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Sebanyak dua titik persimpangan disiapkan untuk penerapan tilang elektronik di Kabupaten Batang. Kepala Dishub Kabupaten Batang Murdiono mengatakan tengah memasang rambu-rambu. Sebagai penanda pemberlakuan electronic traffic law enforcement (E-TLE).

Pemberlakuan sistem tersebut terkoordinasi dengan Polda Jateng. Polda Jateng bakal melaunching E-TLE 17 Maret 2021. Dua titik yang disiapkan Dishub Batang berada di Jalan Pantura Kecamatan Gringsing dan Kecamatan Batang.

“Lokasinya di persimpangan sebelah timur SMPN 1 Gringsing, dan di simpang Gajahmada, Kecamatan Batang. Dua lokasi itu nanti akan diterpakan tilang elektronik atau E-TLE,” ujarnya pada Jawa Pos Radar Semarang.

Siapapun yang melanggar lalu lintas akan langsung terpantau CCTV. Seperti melanggar marka, batas kecepatan, dan menerobos lampu merah. Surat tilang dikirim via pos. Menurutnya, kalau satu minggu denda tilang tidak dibayarkan, STNK akan diblokir.

Baca juga:  Delapan Peserta Didik Polri Tinjau Kerja Sama Pemkab Batang

Ia jug menjelaskan, CCTV itu bisa mendeteksi sejauh satu kilometer, baik siang maupun malam. Pengemudi dan penumpang yang ada di dalam mobil pun bisa terpantau. CCTV bisa menembus kaca yang gelap. Pelanggan pengenaan sabuk pengaman juga bakal dipantau.

Selanjutnya dua titik CCTV lain juga akan diberlakukan E-TLE. Lokasinya berada di jalur Pantura Kecamatan Subah. Namun, untuk saat ini dua titik pertama lebih diprioritaskan.

“Kami melakukan sosialisasi melalui rambu-rambu yang akan terpasang di sekitar lokasi CCTV. Di dekat SMPN 1 Gringsing sudah kami pasang rambu-rambu. Seperti pembatasan kecepatan maksimal 60 kilometer per jam,” tandasnya. (yan/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya