alexametrics

Siapkan Titik Parkir Relokasi Pangkalan Truk

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Dinas Perhubungan Kabupaten Batang menyiapkan titik-titik relokasi parkir dari eks pangkalan truk Banyuputih. Sebanyak 95 kantong parkir telah disurvei. Tersebar dari Kecamatan Gringsing hingga Kandeman.

“Dishub Batang sudah menyurvei ada 11 titik median jalan yang bisa untuk parkir dan 95 kantong parkir. Mulai dari jalan raya Pantura Plelen, Kecamatan Gringsing hingga Kandeman,” ujar Kepala Dishub Kabupaten Batang Murdiono pada Jawa Pos Radar Semarang.

Alternatif relokasi itu berada di sembilan kecamatan. Yaitu Gringsing, Banyuputih, Tersono, Limpung, Bandar, Blado, Subah, Tulis, dan Kandeman. Pangkalan truk Banyuputih sendiri kini sudah ditutup. Lahannya akan dialihfungsikan menjadi Islamic Center.

Kendati demikian, truk masih memenuhi lokasi tersebut. Pengemudi masih memarkirkan kendaraannya di sana. Murdiono tidak mempersoalkannya, karena proses pembangunan belum dimulai. ”Tidak masalah digunakan untuk parkir truk, karena belum mulai proses pembangunannya. Kalau sudah mulai itu tidak boleh,” tegasnya.

Baca juga:  Fokus Tangani Korona, Tunda Proyek Fisik

Pangkalan truk Banyuputih sudah ditutup sejak Januari 2021. Walaupun masih banyak truk yang parkir, pihaknya sudah tidak menarik retribusi sejak ditutup.

“Kalau pangkalan truk Banyuputih sudah benar-benar ditutup, truk bisa parkir di pangkalan truk Penundan. Di sana bisa menampung 70 kendaraan. Saat ini paling banyak hanya 30 truk yang parkir di Penundan,” katanya.

Ia menyebutkan, data terakhir, maksimal hanya 20 kendaraan truk yang parkir di pangkalan truk Banyuputih. Selain itu, warung-warung di sana sudah dibongkar secara mandiri. Mereka sudah mendapatkan uang ganti bongkar. “Sudah ada 40 penyewa lahan dan kios melakukan bongkar secara mandiri,” tandasnya. (yan/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya