alexametrics

Dua SMK di Batang Berpeluang dapat Bantuan Rp 5 M

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Dua SMK di Kabupaten Batang berpeluang dapat bantuan hingga Rp 5 miliar tahun ini. Terlebih Batang menjadi kawasan strategis dengan Kawasan Industri Terpadu (KIT) dan PLTU besar. Bantuan berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam program Center of Excellence (CoE) SMK.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat berkunjung ke Kabupaten Batang mengatakan, adanya KIT Batang perlu dibarengi dengan sektor penunjang industri. Salah satunya dalam hal pendidikan kejuruan, yang lulusannya disiapkan untuk memasuki dunia kerja.

Secara nasional, saat ini hanya ada 29 SMK yang mendapatkan bantuan tersebut. Tahun ini akan ada 500 SMK di seluruh Indonesia yang akan mendapatkan CoE SMK.

Baca juga:  Siswa MTs Negeri 1 Belajar Lewat Smartphone

“Batang ini akan menjadi daerah industri yang besar, di sini ada KIT B, ada PLTU dan seterusnya. Karenanya Kemendikbud harus memperhatikan daerah-daerah seperti Kabupaten Batang,” ujarnya pada Jawa Pos Radar Semarang.

Kabupaten Batang, kata harus menjadi salah satu wilayah yang menerima bantuan tersebut. Hal tersebut tidak serta-merta diberikan, berbagai persyaratan harus dipenuhi. Seperti kewajiban memiliki dua guru tersertifikasi industri. Begitu juga dengan kepala sekolah yang telah memperoleh pelatihan di dunia industri.

“Paling tidak, di awal ini Batang sudah harus ada dua SMK yang memperoleh bantuan program CoE. Besarannya Rp 1,6 miliar hingga Rp 5,5 miliar per-SMK,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan kunjungan Komisi X DPR RI ini akan berpengaruh baik bagi para guru dan sektor pendidikan. Para penyelenggara pendidikan dapat mengutarakan berbagai macam aspirasi. Terutama yang menjadi kendala selama ini. (yan/lis)

Baca juga:  Dewan Desak Pemkab Demak Buka Sekolah Tatap Muka

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya