alexametrics

Command Center Batang Curi Perhatian Pemkab Blora

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora bakal meniru konsep Command Center milik Pemkab Batang. Wakil Bupati Blora Arief Rohman, sekaligus bupati terpilih pada Pemilu 2020, datang langsung untuk melihat Command Center di Kabupaten Batang. Bahkan, ia terkesan dengan lengkapnya informasi di tempat tersebut.

“Kami ingin meng-copy paste Command Center dan MPP. Di Blora, terus terang belum ada,” ujarnya usai melihat Command Center Pemkab Batang, Selasa (25/1/2021).

Ruangan Command Center didesain mirip dengan susana kapal luar angkasa di film Star Wars. Ruangan tersebut memberikan pelayanan serba efektif, efisien, dan aktif selama 24 jam. Di sana juga merupakan pusat layanan panggilan darurat 112.

Baca juga:  Ekonomi Pelaku UMKM Mulai Bangkit

Berbagai macam data kependudukan dan kewilayahan bisa diperoleh di Command Center. Semisal data warga dengan keterbatasan ekonomi yang memiliki rumah tidak layak huni (RTLH). Secara lengkap, Command Center menyajikan data itu dalam visual map. Lengkap sesuai lokasi disertai foto kondisi rumah.

Berbagai proyek pembangunan juga terpantau lewat Command Center. Perkembangannya di-update setiap harinya. Layanan itu terhubung langsung dengan ponsel Bupati Batang Wihaji.

Arief Rohman mengatakan, setelah melihat langsung Command Center, banyak hal yang dapat diambil pelajaran dan diterapkan di Blora. Terutama dalam hal pemantauan segala sesuatu dengan mudah. “Ini sangat bermanfaat dan memudahkan untuk mengambil kebijakan dalam melayani masyarakat,” tuturnya.

Baca juga:  Jaga Kondusivitas, Kapolres Baru AKBP Abdul Waras Siap Lanjutkan Program Terdahulu

Arief Rohman datang bersama jajaran Pemkab dan anggota DPRD Blora. Selain itu, Wakil Bupati Blora terpilih, Tri Yuli Setyowati juga turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut. Usai melihat Command Center, rombongan berkunjung ke Mal Pelayanan Publik.

Mereka melihat susana perkantoran dengan nuansa hutan, lengkap dengan suara kicauan burung. Layanan SIM drive thru di MPP juga menjadi perhatian khusus. Tanpa turun dari kendaraan, warga bisa memperpanjang SIM secara cepat. Hanya butuh waktu kurang dari 10 menit, perpanjangan SIM A dan C sudah rampung.

“Saya rasa Pak Wihaji ini salah satu bupati yang sangat inovatif di Jateng. Banyak ide yang dikembangkan di sini. Kami ingin belajar dan meniru inovasi-inovasi beliau,” tandasnya. (yan/ida)

Baca juga:  Dukuh Ngepung jadi Percontohan Hidroponik

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya