alexametrics

Siapkan 10 Hektare untuk Politeknik di KIT

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemkab Batang siapkan lahan 10 hektare untuk pembangunan politeknik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Kampus tersebut akan dibangun langsung oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Batang Ari Yudianto menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 2 hektare pada pembangunan tahap pertama untuk politeknik itu. Namun dari kementerian meminta lahan yang lebih luas. Hal itu dibahas dalam pertemuan antara Pemkab Batang dengan Kemenperin.

Pembangunan politeknik kini telah dimasukkan pada tahap kedua, klaster pertama pembangunan KIT Batang. “Kemenperin meminta disediakan lahan saja, sedang anggarannya akan disiapkan semua oleh Kemenperin. Posisi politeknik itu berada di tempat strategis, dekat dengan akses fly over jalan tol,” ucap Ari saat ditemui di kantornya.

Baca juga:  Dusun Kedung Glatik Bakal Ditenggelamkan

Saat ini Kemenperin tengah menyiapkan studi kelayakan untuk pembangunan politeknik di lokasi KIT Batang. Pihaknya bersama Kemenperin telah meninjau secara langsung lokasi pembangunan politeknik.

“Tahun 2021, Kemenperin masih akan menyusun studi kelayakannya terlebih dahulu. Sehingga nanti pada 2022 bisa dimulai proses pembangunannya,” imbuhnya.

Ari menjelaskan, politeknik akan melakukan MoU antara Pemkab Batang, Kemenperin, dan asosiasi industri di KIT Batang. Jurusan yang ada juga akan disesuaikan dengan mayoritas jenis industri yang akan dibangun di sana. Karenanya, Kemenperin belum bisa memastikan politeknik apa yang akan dibangun di sana.

Informasi terkait industri yang bergabung di KIT Batang terus digali untuk kepastian politeknik. “Jadi dimungkinkan bisa Politeknik Mekatronika (mekanikal elektronika, Red) atau perindustrian. Mungkin nanti menyesuaikan saja, peluang usaha terbanyak di KIT Batang itu apa. Harapannya dengan adanya MoU, mahasiswa lulusan dari politeknik itu masuk salah satu industri yang ada di KIT Batang. Jadi nanti kalau lulus dari situ bisa langsung terserap,” tandasnya. (yan/lis)

Baca juga:  KIT Batang Jadi Proyek Percontohan Nasional

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya