alexametrics

Lanjutkan Program Tilik Warga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Mengawali kegiatan di tahun 2021 Bupati Batang Wihaji sempatkan tilik warga. Program tersebut kembali dilanjutkan untuk mengunjungi warganya yang kurang beruntung. Pada kesempatan kali ini, ia tilik penderita stroke.

Kedatangan Wihaji menjadi berkah bagi pasangan suami istri Suyitno dan Munifah, warga Kelurahan Kauman. Mereka mendapat bantuan untuk melunasi utangnya Rp 600 ribu, serta bantuan operasional perawatan ke rumah sakit. Jumlahnya mencapai Rp 3 juta. “Saya meyakini, jika awal tahun kita lakukan hal baik, hari berikutnya akan lebih baik lagi,” kata Wihaji usai tilik warga Senin (4/1/2021).

Ia mengatakan, program tilik warga mendapat respon positif dari masyarakat. Karenanya program sosial tersebut dilanjutkan kembali pada tahun ini. “Tilik warga sedikit banyak menolong warga, mungkin banyak warga yang sakit semacam ini. Tapi kita prioritaskan yang tidak mampu,” ucapnya.

Baca juga:  Bonus untuk Atlet PON Cair Tahun Depan

Program tilik warga mencari persoalan langsung di tengah masyarakat. Warga biasanya tidak memiliki jaminan kesehatan atau BPJS kesehatan. Tidak hanya itu, permasalahan operasional untuk menjalani pengobatan juga menjadi kendala warga.

“Kita bantu, misalkan kepesertaannya BPJS Kesehatan mandiri, karena sakit tidak bekerja, akhirnya berhenti. Pemkab urus agar masuk jaminan kesehatan yang dibiayai oleh APBD,” jelasnya.

Pemkab Batang sendiri telah mengalokasikan APBD-nya. Ada sekitar 15 ribu warga menerima jaminan kesehatan BPJS kelas III yang dibiayai Pemkab. Program tersebut juga diharapkan dapat tepat sasaran, agar manfaatnya bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat. (yan/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya