alexametrics

Normalisasi Sungai Gendingan Buahkan Hasil

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Kerja keras Pemkab Batang melalui program padat karya membuahkan hasil. Normalisasi sungai Gendingan dan aliran sekundernya menjadi prioritas.

Dua hari kemarin wilayah Batang diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. “Alhamdulillah sudah beberapa hari hujan deras, tidak ada banjir. Kerja keras kita selama ini untuk keruk-keruk sungai berhasil,” ujar Bupati Batang Wihaji di Pendopo Kabupaten Senin (7/12/2020).

Penyumbatan di Sungai Gendingan berhasil dibersihkan, sehingga alirannya kini lancar. Melalui program padat karya, 200 pekerja dari warga setempat dikerahkan membersihkan kali. Sungai Gendingan melintas di wilayah Kecamatan Batang. Biasanya sungai tersebut menjadi salah satu penyebab banjir. Alirannya mampet dan penuh sampah. “Di sungai isinya kasur, guling, isian sofa, berbagai macam pakaian semuanya jadi sampah menyumbat sungai. Banyu ora iso mili,” jelasnya.

Baca juga:  Mafia Tanah Beraksi di Kabupaten Batang, Ini Modusnya

Sebelumnya di Kecamatan Batang, enam kelurahan terendam banjir pada awal tahun ini. Yaitu Kelurahan Karangasem Utara, Watesalit, Kalipucang Kulon, Klidang Lor, Kasepuhan, dan Denasri Kulon. Selain itu, pihaknya terus mengingatkan agar masyarakat selalu waspada. “BPBD harus selalu siap, semoga tidak ada banjir, tidak ada longsor pada muaim hujan kali ini. Kalau debit sungai sudah di atas satu meter, di daerah Proyonanggan Selatan, Kasepuhan siap-siap siaga,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini tinggal beberapa genangan di area Pantura Subah yang belum teratasi. Pihaknya menginstruksikan jajarannya agar segera mengurai masalah yang ada, yaitu selokan-selokan tersumbat. Berdasarkan pantauan, ada satu genangan yang cukup dalam di jalan Pantura Subah. Air menggenang setinggi 30 sentimeter menutupi satu ruas jalan. “PU harus bersihin, bagaimana caranya harus bisa teratasi,” tandasnya. (yan/ton)

Baca juga:  Warga Langsung Mual dan Pusing Setelah Makan Tongkol Bantuan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya