alexametrics

KIT Batang Resmi Jadi Proyek Strategis Nasional

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang resmi menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Keputusan itu dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo, lewat Perpres Nomor 109 Tahun 2020.

Berdasakan kriteria PSN, direkomendasikan 201 proyek dan 10 program. Nilai total investasinya mencapai Rp 4.809,7 triliun. Adapun untuk mempercepat progres dan menarik investor, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomi, Wahyu Utomo, meminta konsorsium KIT dan Pemkab melakukan beberapa hal.

“Yang pertama kami minta konsorsium dan Pemkab Batang melakukan indetifikasi permasalahan yang menghambat pembangunan KIT Batang,” jelasnya usai rapat koordinasi percepatan KIT Batang di Hotel Gumaya Semarang Senin (30/11/2020).

Baca juga:  Jalur Darurat akan Diganti Permanen

Kemenko juga minta konsorsium KIT Batang dan Pemkab menyodorkan list investor. Yaitu investor yang sudah sepakat akan menanamkan modal ke KIT Batang.  “Tujuannya untuk memastikan kebutuhan para investor, serta mempercepat progres pembangunan KIT Batang,” ujarnya.

Wahyu juga menuturkan, kesiapan KIT Batang tak bisa lepas dari pengelolaan. Karenanya, ia meminta agar konsorsium dan Pemkab segera menunjuk pengelola di KIT Batang. KIT Batang yang hingga kini belum ditunjuk kepastiannya. “Kuncinya adalah pengelola,” tegasnya.

Selain itu, harus ada kajian khusus terkait pembiayaan dalam pengerjaan KIT Batang. Apalagi saat ini sudah masuk dalam PSN. “Harus ada kajian terkait finansial. Kalau seluruhnya menjadi tanggung jawab pemerintah ya harus direalisasikan. Namun jika pembangunan bisa dikerjasamakan kenapa tidak,” tambahnya. (yan/lis)

Baca juga:  554 Pemohon Santunan Kematian Diverifikasi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya