alexametrics

Robusta Jadi Kopi Unggulan Batang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Komunitas pecinta kopi kenalkan jenis robusta sebagai produk unggulan Kabupaten Batang. Jenis kopi tersebut telah banyak dibudidayakan petani lokal, bahkan menjadi mayoritas.

Mereka mengenalkan produk unggulan itu dengan acara Battle Robusta. Acara itu berlokasi di Teras Coffee Desa Lebo Kecamatan Gringsing, Kamis (29/10/2020). Komisaris Koperasi Batang Coffee Rifani Zuniyanto menjelaskan robusta punya potensi besar, sebagai produk unggulan petani Batang.  “Kita menggunakan metode V60 dalam ajang perlombaan tersebut,” ujarnya pada Jawa Pos Radar Semarang.

Menurut Octavianus Boli, seorang Q prossesing professional yang menjadi salah satu juri menjelaskan, selama ini kopi robusta dianggap lebih rendah dibanding dengan kopi arabika. “Padahal tidak demikian. robusta dan arabika itu jenis kopi, dan bukan berarti arabika lebih tinggi,” lanjut pria yang akrab disapa Ipung.

Baca juga:  Pemohon Paspor Masih Sepi

“Ada peserta dari Banjarnegara, Pekalongan dan lain sebagainya” kata Direktur Utama Koperasi Batang Coffee Dias Widhiyanto Kurniawan.

Di sela-sela babak penyisihan dan semifinal, kompetisi diisi dengan talk show membicarakan cara menanam, proses pascapanen sampai harga di pasaran. Rokhim, petani kopi robusta dari Desa Surjo, Kecamatan Bawang menjadi salah satu pembicara. Ia berhasil mendampingi 3.000 petani kopi di Kabupaten Batang dan sekitarnya. Bahkan ia telah berhasil melakukan rekayasa genetika, sehingga menghasilkan buah kopi yang berukuran jumbo. (yan/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya