alexametrics

Puluhan Kafe Baru Bermunculan di Pantai Sigandu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Puluhan kafe baru bermunculan di area Pantai Sigandu. Ada sekitar 50-an bangunan baru yang berderet di tepian pantai sepanjang 4 kilometer.

Bangunan-bangunan itu mayoritas berdiri permanen. Hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai. Dahulu area tersebut jauh dari bibir pantai. Namun, abrasi membuat bibir pantai mendekat ke tanah-tanah milik warga.

Geliat pembangunan swasta untuk pengembangan wisata di Kabupaten Batang tersebut sejalan dengan target pemda. Pemkab Batang menargetkan kunjungan 2 juta wisatawan pada tahun ini, serta menuju tahun kunjungan wisata pada 2022.

“Pembangunannya pesat banget di sini. Awal tahun pernah ke sini masih sepi, sekarang sudah ramai banget kafe-kafenya. Tinggal milih mau di mana,” ujar Wahyu, 27, salah satu pengunjung kawasan Sigandu asal Pekalongan.

Baca juga:  Korban Dipaksa Sumbang Rp 500 Ribu

Kendaraan berpelat nomor luar daerah pun terlihat banyak terparkir di sepanjang jalan. Momentum new normal setelah pandemi Covid muncul benar-benar dilihat sebagai peluang. Masyarakat yang bosan karena aktivitas terhenti selama tiga bulan butuh refreshing. Alhasil, pemilik lahan mulai mengambil konsep kafe dan mini kafe tepi pantai.

Hal tersebut setelah booming-nya salah satu kafe. Pengelola menyulap tepi pantai mirip dengan Pantai Jimbaran di Bali. Lampu kerlap-kerlip menghiasi area outdoor, serta jejeran kursi plastik semakin memperindahnya.

Dahulu pengelola warung-warung tepi pantai di sana hanya mengandalkan bangku kayu dan bambu. Terkesan sederhana, namun kini mayoritas mengganti kursinya dengan kursi-kursi plastik. Ada yang berwarna kuning, merah, juga hijau.

Baca juga:  Enam Partai Pengusung Deklarasi  Pemenangan Eisti-Jos

Pemilik modal berlomba-lomba membangun area wisata sebagus mungkin. Agar semakin banyak memikat para pengunjung dari luar daerah. Tentunya juga membantu masyarakat sekitar memutar perekonomian di sana.Geliat pembangunan itu mulai bergairah sejak pertengahan tahun ini. Salah satu pemilik kafe, Dion, 44, melihat positif perkembangan yang ada di Sigandu. Semakin banyak kafe yang dibangun akan semakin menambah daya tarik pengunjung.

“Kita berharap makin banyak tempat wisata di Kabupaten Batang, supaya wisata di Batang ini berkembang. Tidak hanya selogannya saja yang Batang Berkembang,” ucapnya. (yan/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya