alexametrics

Penghargaan untuk Inovasi Drive Thru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Mall Pelayanan Publik (MPP) Batang dapat penghargaan smart governance pada layanan drive thru. Penghargaan dari pemerintah pusat tersebut kedua kalinya setelah sebelumnya mendapatkan dari MenPAN-RB.  Ssecara virtual Senin (5/10/2020) kemarin penghargaan diserahkan.

Layanan drive thru di MPP Batang merupakan yang pertama di Indonesia. Masyarakat bisa menikmati inovasi pembuatan surat izin mengemudi (SIM) A dan C secara cepat. “Pelayanan tersebut sudah dibuktikan dengan dilihat langsung oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa yang hanya butuh 3 menit SIM langsung jadi,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di kantornya Selasa (6/10/2020).

Layanan drive thru juga menjadi solusi di saat pandemi covid. Pemohon perpanjangan SIM tidak perlu berkerumun menunggu giliran. Pemohon hanya melakukan tes kesehatan dan psikologis. Kemudian mengendarai motornya menuju stan foto. Tidak perlu turun dari motor, pengendara akan langsung diambil foto saat itu juga.

Baca juga:  Masa Pandemi Tak Hentikan Peredaran Narkoba

Transparansi juga sangat dikedepankan, tidak ada pungutan dan tambahan biaya lainya. “Hal ini tidak lepas dari kerja sama dan sinergitas yang baik antara Pemkab dengan Polres Batang, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan masyarakat,” ucapnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sri Purwaningsih mengatakan MPP sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bisa mengurus perizinan apapun di satu tempat. “Masyarakat sangat mengapresiasi MPP karena pelayanannya perizinan terukur transparan dan semua biaya bisa dilihat jelas,” ujarnya.

Sejak dibuka 23 Januari 2020, MPP Batang telah mengintegrasikan 339 pelayanan dari 23 intansi kementerian dan lembaga, OPD Provinsi Jawa Tengah, OPD kabupaten, BUMN dan BUMD dalam satu gedung di DPMPTSP. (yan/lis/bas)

Baca juga:  Kolaborasi, Santuni Anak Yatim

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya