alexametrics

Demokrat Batang Tegas Tolak UU Ciptaker

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Ketua DPC Demokrat Batang, H Edi Siswanto mendukung dengan tegas penolakan terhadap RUU Cipta Kerja (Ciptaker) yang baru saja disahkan DPR RI.

“Sejak awal RUU Omnibus Law banyak dikritik, namun malah disahkan buru-buru di tengah wabah ini,” sesalnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (7/10/2020).

Seharusnya, permasalahan pandemi covid lebih penting dibicarakan kebijakannya. Karena masyarakat sedang membutuhkan bantuan, seluruh sendi kehidupan ekonomi sangat berdampak. Dirinya menilai, UU Ciptaker berpotensi sangat merugikan kaum buruh dan pekerja. “Adanya UU ini, membuat kaum buruh pada posisi lemah, hanya jadi robot produksi semata,” sesalnya.

Untuk itu, pihaknya memahami kekecewaan kaum buruh dan pekerja. Karena nyata-nyata makin merugikan dan melemahkan. Sebab, dalam UU Cipta Kerja perusahaan sangat mudah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan alasan yang normatif dan subjektif seperti demi kepentingan “efisiensi”.

Baca juga:  Minta Restu Orang Tua, Cabup Eistianah Yakin Kantongi 80 Persen Suara

Tidak itu saja, dalam menjalankan PHK, hak-hak buruh juga habis diamputasi. Dari penghapusan uang penghargaan masa kerja, uang pesangon karena PHK dengan peringatan, karena peleburan perusahaan, pergantian status kepemilikan perusahaan, dan berbagai alasan lain.

Yang juga akan diwaspadai, terjadinya gelombang besar masuknya TKA ke tanah air dengan secara otomatis mempersempit/merebut lapangan pekerjaan bagi kalangan masyarakat domestik sehingga pengangguran semakin sulit dikurangi dan ditanggulangi.

Untuk itu, pihaknya mengajak elemen masyarakat untuk menolak UU Cipta Kerja dijalankan secara konstitusional dan penuh dengan kematangan. Mendorong elemen masyarakat segera melakukan perlawanan hukum dengan mengajukan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Konstitusi (MK).”Kami tegas menolak UU ini demi kemaslahatan rakyat Indonesia,” tandasnya. (han/bas)

Baca juga:  Dekatkan Bahasa Jawa di Lingkungan PAUD

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya