alexametrics

Warga Ndableg, Operasi Masker Digencarkan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemkab Batang instruksikan aparat untuk menggencarkan operasi masker. Sebab banyak warga yang mulai ndableg, mengabaikan protokol kesehatan di muka umum. Padahal kasus Covid di Kabupaten Batang terus meningkat.

Edaran taat protokol kesehatan telah disahkan, bagi pelanggar akan dikenai denda. Denda diberikan apabila peringatan berulangkali dilanggar. “Penyebaran Covid-19 di Batang masih terus terjadi, tapi masih banyak warga yang ndableg dengan menyepelekan bahkan tidak menaati protokol kesehatan,” ujar Bupati Batang Wihaji.

Sebelumnya, apel diselenggarakan bersama TNI, Polri, BPBD serta Satpol PP. Pada kesempatan itu Wihaji menginstruksikan untuk meningkatkan kedisiplinan warganya. Menaati protokol kesehatan. Karenanya, perlu upaya penindakan secara masif bagi warga yang enggan mengenakan masker. Sesuai edaran yang telah disahkan.

Baca juga:  Dinyatakan Positif Pada Swab Test Keempat, Keluarga Tegaskan Hendi Dalam Kondisi Baik

“Ketentuan wajib mengenakan masker itu merupakan salah satu ikhtiar dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Batang, maka tim gabungan harus gencar melakukan sosialisasi dan juga penindakan bagi warga yang tidak mentaatinya,” tegasnya.

Sanksi perlu dilakukan secara nyata. Mulai dari sanksi sosial hingga denda. Agar masyarakat bisa sadar dan terus mengenakan masker. Menurutnya, upaya persuasif perlu dikedepankan terhadap warga dengan memberikan edukasi terlebih dahulu. Meski demikian, jika ada yang tetap membandel, maka sanksi kerja sosial bahkan denda bisa diberlakukan.

Razia diprioritaskan di tempat-tempat keramaian dan fasilitas pelayanan publik. Termasuk objek wisata maupun rumah makan. “Pengelola kafe, rumah makan ataupun tempat keramaian wajib menaati protokol kesehatan. Jika ada yang membandel, maka bisa ditindak tegas dengan penerapan sanksi denda. Termasuk juga untuk lingkungan perkantoran baik di Pemda atau swasta bisa dijadikan sasaran penertiban protokol kesehatan. Jika ada yang melanggar, maka sanksi bisa diberikan,” bebernya. (yan/lis/bas)

Baca juga:  Habib Luthfi Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya