Rumah BUMN Pekalongan Pacu Kreativitas Milenial

996
Penandatanganan kemitraan antara Rumah BUMN Pekalongan dengan Kampung Batik Kauman. (Riyan Fadli/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Batang – Kantor Telkom Pekalongan sediakan ruang kreatif untuk milenial. Ruang tersebut dinamakan Rumah BUMN Pekalongan Pusat Batik Nusantara.

Rumah BUMN merupakan wujud pengayaan dari program inisiasi Kementerian BUMN dalam membangun dan mengembangkan UMKM yang sebelumnya bernama Rumah Kreatif BUMN (RKB). “Khusus hari ini kita akan menghilangkan kesan bahwa BUMN itu Telkom saja. BUMN yang ada di Pekalongan seperti BNI, Mandiri, BRI, Pegadaian dan PT Pos semuanya memiliki Rumah BUMN ini. Kami mewadahi mereka,” kata GM Telkom Witel Pekalongan Nanang Setiyo Utomo Kamis (13/8/2020).

Rumah BUMN tersebut dapat mendukung UMKM secara efektif Kota Pekalongan. Karena menjadi tempat berkumpul para milenial yang kreatif, juga para pengusaha muda. Sebelumnya, RKB hanya memfasilitasi UMKM saja. Sekarang, usai berubah menjadi Rumah BUMN, kini ada lima bidang yang dibawahi. Yaitu pengembangan UMKM, pusat berkumpul milenial, coworking space, informasi tanggap bencana dan kredit untuk UMKM.

Rumah BUMN tersebut milik seluruh BUMN yang ada di Kota Pekalongan. Tersedia tempat, yang mendukung perkembangan bisnis dan kreativitas para milenial. Bakal ada juga pelatihan-pelatihan seperti digital marketing. Sehingga produk UMKM tidak hanya berputar di tingkat lokal, tapi bisa memanfaatkan platform digital untuk pengembangan pasar. “Bagi para milenial ini adalah media untuk berkumpul, mereka saling sharing. Menyalurkan ide-ide untuk perkembangan bisnisnya masing-masing,” jelasnya. (yan/adv/ton/svc/bas)