alexametrics

Sertifikat Mau untuk Cari Modal Usaha

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Rasa gembira terlihat dari wajah Juhartono. Pria 60 tahun warga Desa Krengseng Kecamatan Gringsing baru saja menerima sertifikat bukti kepemilikan tanah akhir pekan lalu.

Sudah puluhan tahun Juhartono dan keluarga menempati tanah yang saat ini berdiri rumah dengan tembok bercat hijau dan kusen ungu tersebut. Kali ini ia resmi mendapatkan pengakuan negara terkait kepemilikan tanah tersebut. “Sertifikat mau untuk mencari modal usaha,” tutur pria yang bekerja sebagai penjahit tersebut. Huda, anak Juhartono yang mendampingi ayahnya saat menerima sertifikat sampai menitikkan air mata Bahagia.

Juhartono merupakan satu dari 221 warga Desa Krengseng yang menerima bukti kepemilikan tanah hasil program sertifikat masal. Sertifikat itu diberikan langsung oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Batang disaksikan Muspika Kecamatan Gringsing dan tokoh masyarakat.

Baca juga:  Bawaslu Wajibkan Pengawas Pilkada Rapid Test

Ketua Panitia Pembuatan Sertifikat Masal Desa Krengseng Teguh Santosa menjelaskan, total ada 750 pemohon yang mengajukan sertifikat. Semuanya lolos dan terbit sertifikat dalam satu periode. Penyerahan sertifikat ke warga dibagi dalam tiga tahap. Juhartono dan 220 warga lainnya masuk dalam tahap pertama. “Bulan Juli ini Insya Allah selesai,” kata Teguh.

Dijelaskan lebih lanjut, para pemohon tidak keberatan dengan biaya yang ditetapkan. Sebab besaran biaya sudah disepakati dalam rembug desa. “Berkisar ratusan ribu (rupiah) saja. Semua persyaratan dibuat dan dilengkapi panitia. Pemohon tinggal duduk manis menunggu sertifikat jadi,” jelasnya.

Dalam sambutannya Waka Yuridis BPN Batang Hery Widjajanto menyatakan administrasi tim panitia sertifikat masal Desa Krengseng terbilang tertib. Sehingga memudahkan BPN dalam menerbitkan sertifikat. (yan/ton/bas)

Baca juga:  BREAKING NEWS: Rem Blong, Truk Bermuatan Genting Tabrak Truk Sampah dan Pemotor

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya