Siapkan Skema Buka 24 Jam, Skrining Ketat Pasien Masuk

308
Pasien dan pengunjung RSUD Kalisari sedang menunggu antrean. (Riyan Fadli/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Batang – Jelang Hari Raya Idul Fitri, RSUD Kalisari Batang persiapkan skema tetap buka layanan 24 jam selama lebaran. Semua layanan tetap dibuka tanpa terkecuali.

Plt direktur RSUD Kalisari Batang dr Tri Handoko mengatakan bahwa saat lebaran, prosedur kesehatan akan diterapkan semaksimal mungkin. Mengingat intensitas interaksi masyarakat di ruang terbuka semakin meningkat.

“Terkait dengan kegiatan layanan publik di RSUD Kalisari Batang, seperti pada tahun-tahun sebelumnya untuk pelayanan pada masa lebaran tetap buka 24 jam. Kami siap melayani masyarakat yang ada di Kabupaten Batang khususnya dan yang ada di wilayah Pantura,” tuturnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Beberapa hari menjelang lebaran, pusat perbelanjaan di sekitar Batang kota terlihat dipadati pengunjung. Terutama di toko-toko busana. Sebab itu pula persiapan jelang lebaran di RSUD Kalisari dilakukan secara matang. Skrining ketat juga bakal diberlakukan sebelum pasien mendapatkan perawatan.

“Kami sudah siapkan dari semua lini, semua bidang, seksi dan unit-unit sudah kami jadwalkan piket. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat baik di IGD maupun rawat inip bisa berjalan sesuai harapan,” imbuhnya.

Guna mencegah hal yang tidak diinginkan, karena adanya interaksi pasien korona dengan pengunjung umum, klinik Covid juga sedang disiapkan. Bangunan itu didirikan dekat gedung IGD RSUD Kalisari. Rencananya dapat dioperasikan Minggu depan, mengantisipasi terjjadinya lonjakan pasien.

“Kami menggunakan standar APD lengkap, kebutuhan kami sekitar 50 APD setiap hari. Tentunya memerlukan dana yang cukup besar. Tapi Alhamdulillah karena kebijakan Pemkab, kami bisa mendapatkan banyak bantuan terkait APD,” pungkasnya. (yan/bas)





Tinggalkan Balasan