alexametrics

50 Persen UMKM Hentikan Produksi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Krisis yang terjadi saat ini sangat berpengaruh pada sektor ekonomi masyarakat. Terutama unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Batang. Ketua Paguyuban UMKM Batang Bersatu (Pubber) Kusdiyanto menjelaskan jika 50 persen usaha telah menghentikan produksinya.

“Ada sekitar 50 persen UMKM yang sudah tidak beroperasi. Yang jelas yang punya karyawan sudah pasti dirumahkan, karena sudah tidak produksi,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (30/4/2020).

Menurutnya, jumlah penjualan menurun semua. Terutama pengusaha makanan dan minuman. Mereka merasakan dampak krisis terberat. Sedangkan dampak paling ringan didapatkan pengusaha konveksi. Terbantu dengan beralih ke pembuatan masker.

“Pengusaha mebel juga termasuk paling terdampak, orang tidak mau mengeluarkan uangnya untuk membeli barang yang non pokok. Mebel kan termasuk barang-barang sekunder bukan primer,” tuturnya.

Baca juga:  Nasabah BPR BKK Naik Dua Kali Lipat

Kesulitan terbesar saat ini adalah pemesanan bahan-bahan produksi dari luar negeri. Sedangkan bahan-bahan lokal yang masih bisa diandalkan mengalami kenaikan harga. “Hasil produksi juga lebih banyak berputar di Batang saja. Sedangkan keluar kota sekarang sudah susah. Omzetnya pun rata-rata turunnya sampai 80 persen,” ucapnya.

Sementara untuk menyelamatkan usaha yang tersisa, Pubber membuat beberapa sistem pendukung. Salah satunya adalah sistem barter antar pengusaha. Caranya dengan menukar barang dengan harga yang sama atau mendekati. Sesuai kebutuhan. Pihaknya pun saat ini hanya berharap pada masyarakat, agar lebih memilih produk UMKM dibandingkan produk bermerek.

“Untuk pelaku UMKM terkhusus untuk anggota Pubber, kami masih ada program barter dan program Ramadhan Karim, kami membuat toko online lokal. Melalui website, masih tahap perencanaan ke depan bisa menjadi aplikasi,” pungkasnya. (yan/bas)

Baca juga:  Guru Harus Kompetitif Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya