alexametrics

Sepi Penumpang, Pengayuh Becak Hanya Berharap Bantuan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pendapatan pengayuh becak saat ini berkurang drastis. Sudah sangat jarang orang yang ingin menaiki moda transportasi tersebut. Salah satunya dialami pengayuh becak yang mangkal di Jalan Ahmad Yani. Saat tidak ada penumpang mereka hanya membawa pulang nasi hasil pemberian orang.

“Bantuan juga tidak pasti, kadang ada yang ngasih bantuan seperti sembako, masker dan makanan. Tiap hari sih ada yang ngasih, tapi tidak pasti dapat, kalau kita tidak di lokasi ya tidak dapat,” kata Mul, 60, pengayuh becak di jalan tersebut kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (16/4/2020).

Menurutnya, dalam satu hari saat ini tidak pasti dapat penumpang atau tidak. Namun ia tetap setia menunggu penumpang di tepi jalan yang tak jauh dari Pendopo Kabupaten tersebut. Tak jarang ia dan rekan-rekannya hanya membawa bantuan sembako yang dibagikan oleh para dermawan. Ia pun sangat berterimakasih pada orang-orang yang berbaik hati mau memberikan bantuan.”Tidak pasti nariknya, kadang tidak narik sama sekali seharian. Blas tidak ada yang naik. Ada yang naik ya satu dua orang saja,” ucapnya.

Baca juga:  Petugas Rutan Dilatih Menembak

Sementara itu pengayuh becak lainnya, Dar, 50, menjelaskan bahwa tak jarang dirinya tidak kebagian bantuan. Karena tidak berada di lokasi saat ada orang dermawan yang memberikan sejumlah bantuan. “Bantuan biasanya dari mobil, pas lewat. Kalau saya pas narik tidak di sini ya tidak dapat. Kadang kelewatan, tidak dapat bantuan sembako atau makanan,” katanya.

Saat kondisi serba sudah sekarang, pendapatannya pun jauh dari cukup. Penumpang jauh berkurang dari hari biasanya. Selain karena faktor pandemi, menurutnya saat ini masyarakat lebih memilih ojek online. Sebagai moda transportasi. “Pendapatan sih kadang Rp 5 ribu juga Rp 10 ribu. Susah sekarang. Penumpangnya tidak pasti ada,” pungkasnya. (yan/bas)

Baca juga:  Gelontorkan Rp 3,6 M, Bangun Bazar Bisnis

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya