Aktivitas Pasar Tradisional Lesu

305
Beberapa pengunjung pasar sedang berbelanja kebutuhan pokok di Pasar Warungasem. (Riyan Fadli/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pedagang di Pasar Warungasem tetap berjualan walaupun pengunjung berkurang drastis. Mereka memilih tetap berjualan untuk menjaga pemasukan. Serta memfasilitasi warga untuk memenuhi kebutuhan pokok.

“Pemasukan tetap ada, mungkin nanti mulai hari raya akan normal kembali. Pembeli tetap banyak yang datang,” ujar Mafiah, salah satu pedagang sembako di Pasar Warungasem pada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (6/4/2020).

Ia mengatakan saat ini harga bahan pangan pokok stabil, tidak ada kenaikan. Bahkan, harga beras mulai menurun. Mengingat sudah waktunya panen raya. “Suami saya juga petani, dari petani saja dihargainya Rp 300 ribu per kuintalnya,” imbuhnya.

Pengelola Pasar Warungasem Slamet Wahyudin tidak memungkiri adanya penurunan pengunjung tersebut. Menurutnya, roda perekonomian tidak bisa dihentikan. Warga tetap butuh pemasukan untuk menyambung hidup. Sementara warga lain perlu membeli kebutuhan pokok.”Yang penting jaga kesehatan, lebih waspada belanja seperlunya. Kalau pasar tidak di buka warga makan apa,” ujarnya.

Sebagian toko di pasar tersebut pun terlihat tutup. Rempah-rempah kini telah menjadi bahan yang banyak dicari. Pasar yang biasanya mulai sepi pukul 13.00 kini pukul 11.00 sudah terlihat sepi pengunjung. Terlihat pula fasilitas penunjang kebersihan telah disediakan pengelola. Seperti tempat cuci tangan. (yan/bas)

 





Tinggalkan Balasan