Jaga Ekosistem Kerang Ijo dan Penghijauan di Pantai Roban

Suasana sore hari di Pantai Pesona Indah Roban. (Riyan Fadli/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Batang – Kelompok Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) mulai mengembangkan potensi Pantai Roban. Salah satunya dengan pembibitan pohon Kawasan pantai dan menjaga ekosistem kerang ijo.

Ketua Sibat Desa Kedungsegog Tia menjelaskan bahwa kelompoknya memanfaatkan tempat pembibitan pohon untuk mendanai Pantai Pesona Indah Roban.

“Pohon itu kami jual ke perusahaan-perusahaan atau pun masyarakat umum. Hasilnya kami gunakan untuk mengelola pantai. Seandainya kurang, kami pakai dana talangan,” ujarnya pada Jawa Pos Radar Semarang Kamis (26/3/2020).

Pantai tersebut kini telah dibangun dermaga kecil dari bambu dan kayu. Rencananya akan digunakan sebagai daya tarik paket wisata panen kerang ijo. Menurutnya, di pantai tersebut kerang ijo tumbuh subur, sehingga bisa dialihkan sebagai destinasi wisata. Selain itu pantai yang masih dibuka secara gratis itu bakal menambah beberapa fasilitas penunjang lain. Seperti gazebo, akses jalan dan bagan tempat pemancingan.

“Saat ini kami sediakan lima jenis bibit pohon, trembesi, tabebuya, ketapang kencana, bungur dan beringin,” imbuhnya.

Pantai itu berada di Dukuh Roban Barat, Kedungsegog, Kecamatan Tulis. Pengunjung yang datang bisa melihat pemandangan PLTU Batang yang megah di ujung Timur. Setelah panen kerang, pengunjung bisa menyantap hasil panenannya tersebut.”Kami akan menyediakan paket wisata mancing, camping ground dan panen kerang ijo bersama di pantai itu,” ujar Tia.

Desa Kedungsegog rencananya akan didaulat sebagai Desa Wisata di Kabupaten Batang. Pengembangan wilayah tersebut sedang digenjot melalui sektor wisata.

“Kami masih merintis, akses menuju lokasi juga akan terus diperbaiki. Saat ini andalan kami adalah wisata air naik speed boat. Menuju PLTU atau ke Sigandu,” pungkasnya. (yan/zal/bas)





Tinggalkan Balasan