alexametrics

Pemkab Lahirkan Puluhan Wirausaha Baru Muncul

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Sebanyak 40 Wirausahawan baru di Batang, kini siap mengarungi dunia bisnis. Setelah mereka berlatih dan mendapat modal usaha dari Pemerintah setempat. Bupati Batang Wihaji secara simbolis memberikan bantuan peralatan usaha kepada mereka.

“Manfaatkan dan gunakan menunjang keberlangsungan usaha agar usahanya terus maju dan sukses, lakukan terus inovasi dan manfaatkan media sosial untuk pemasaranya,” kata Wihaji di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batang, Selasa (31/12).

Ia juga berpesan agar bantuan peralatan berupa alat masak dan mesin jahit bisa tepat sasaran, sehingga program menciptakan 1.000 wirausaha baru bisa tercapai bahkan bisa lebih. Dengan harapan, harus dimanfaatkan untuk kelangsungan usaha, jangan sampai dipindah tangankan.

Baca juga:  Membangkitkan Wirausaha di Masa Pandemi Covid-19

“Peserta pelatihan sudah mendapatkan peralatan masak, dan menjahit. Pemkab tidak berhenti disitu kalau kurang modal kita fasilitasi mendapatkan kredit lunak dan terus lakukan pendampingan,” kata Wihaji lagi.

Ditambahkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batang Tulyono menjelaskan, sebelum dapat batuan peralatan, Wirausahawan baru di beri pelatihan wirausaha selama enam hari. Yang diikuti oleh 40 peserta, dengan pelatihan jenis usaha tata boga dan usaha menjahit.

“Jumlah peserta tata boga sebanyak 20 orang, Usaha menjahit 20 orang, materi dalam pelatihan lanjutan ini Motivasi usaha sukses, manajemen usaha, menetapkan usaha yang kompetitif, marketing, praktik pembuatan produk dan pemasatanya serta sosilisai kredit usah,” jelas Tulyono.

Baca juga:  Nissa Alamadina, Rintis Usaha saat Pandemi

Salah satu penerima bantuan, Dewi Arien, 27, warga desa Celowuk Kecamatan Tulis dapat bantyan alat jahit. Dia berharap menjahit dapat ikut meningkatkan ekonomi keluarganya. “Sementara penghasilan satu seminggu mencapi Rp150 ribu lebih, karena masih ikut orang, semoga dengan jahit sendiri bisa lebih,” harap Dewi Arien. (han/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya