Ketika Duta Wisata se-Jateng Jelajahi Sikuping, Sigandu, Sikembang dan Silurah

447
SERU - Salah Satu kegiatan para alumni Duta Wisata di Jawa Tengah, saat bersih berish pantai Sigandu di Batang, Sabtu (14/12/2019). (Lutfi Hanafi)

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Walaupun sudah menjadi alumni, tidak mematahkan semangat para duta wisata asal berbagai daerah untuk terus mempromosikan wisata di Jawa Tengah, khusus kali ini di Kabupaten Batang. Para alumni yang tergabung dalam Paguyuban Sekar Jagad ini menggelar Jambore dalam even Mbolang Batang jilid 3, dari Sabtu (14/12) hingga Minggu (15/12).

Pada even kali ini, kurang lebih 60 peserta dari perwakilan 20 Kota Kabupaten di Jawa Tengah, mulai menelusur Kabupaten Batang sejak Sabtu pagi.

Destinasi wisata utama yang mereka datangi adalah pantai Sigandu di wilayah Kecamatan Batang. Pantai ini, selain memiliki hutan bakau, juga terkenal dengan pesisir pantai dengan Cemara laut nya. Dan yang paling terkenal juga ada Taman Safari Indonesia Dolphin Center Batang. Di pantai duwis (duta wisata) yang cantik dan ganteng diajak menanam Pohon Cemara Laut.

Selaian itu, mereka juga diajak melihat proses pembuatan kapal kayu di galangan kapal Pelabuhan Batang. Yang di tempat itu, dibuat kapal kayu pesanan dari berbagai belahan dunia, baik lokal maupun internasional.

Siang hari, diajak naik ke perkebunan Teh di kawasan Agrowisata Pagilaran Kecamatan Blado. Selain menginap, setiap perwakilan juga diajak fashion show busana Batik Batangan dan menggelar pentas seni.

Pada minggu pagi mereka diajak mengeksplorasi kawasan wisata teh terbesar di Jateng ini.
Menjelang siang hari, mereka diajak menuju kawasan wisata hutan pinus di Sikembang Park. Dan ditutup dengan menikmati sajian kopi dan makanan khas Batang di Forest Kopi Blado Batan.

“Acaranya dikemas cukuo menarik, ini menjadi ajang kami menjalin silaturahmi dnegan teman teman yang lain,” ucap alumni duta wisata asal Sragen Anggita, Minggu 15/12/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Batang Wahyu mengatakan, acara ini memag diharapkan daoat mengangkat promosi wisata Batang.” Nanti selama seminggu kedepan, semua peserta kami harapkan terus membuat postingan di sosial medianya masing-masing. Dan ini, kmai harapan jadi jalan promosi dinera milenial,” serunya.

Bupati Batang Wihaji juga sangat mengapresiasi organisasi Sekar Gading dan para alumni Duta wisata kabupaten Batang dan Duta Wisata dari berbagai daerah di Jawa Tengah yang menyemarakkan acara Mbolang Batang ketiga serta Jambore Duta ini.

“Ini bisa membantu promosi wisata di Kabupaten Batang. Tadi saya sampaikan juga, di Batang ada 4 destinasi andalan, yaitu Sikuping, Sigandu, Sikembang dan Silurah. Yang hebat, tahun depan, event ini akan di adopsi oleh Dinas Pariwisata Jawa Tengah, jadi Batang harus bangga,” tandas Bupati. (han/ap)