Takut Dirazia, Ternyata Positif Konsumsi Narkoba

125
PERIKSA: Anggota BNN Kabupaten Batang saat menggelar razia dan memeriksa para penghuni kos Selasa (10/12). (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
PERIKSA: Anggota BNN Kabupaten Batang saat menggelar razia dan memeriksa para penghuni kos Selasa (10/12). (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Sejumlah penghuni kos di wilayah Batang Kota, terlihat panik dan mencoba menghindari kedatangan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Selasa (10/12). Namun petugas tetap mencoba menghadang dan mencari penghuni kos di setiap sudut ruangan.

Petugas kemudian melakukan tes urine terhadap penghuni kos. Hasilnya, petugas mendapati tiga orang penghuni kos positif mengonsumsi narkoba. “Diduga kuat, mereka menggunakan narkotika jenis sabu dalam sepekan terakhir,” ujar kepala BNN Batang, AKBP Windarto.

Dijelaskan AKBP Windarto, kegiatan razia serupa rencananya akan terus dilakukan, guna meminimalisir peredaran dan penggunaan narkoba di wilayah Kabupaten Batang. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai rintisan untuk menciptakan desa bersinar atau desa yang bebas dan bersih dari narkotika.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir penyalahgunaan narkotika di rumah kos. Operasi diawali dengan penggeledahan badan kepada para penghuni rumah kos, kemudian dilakukan pengambilan sampel urine dan tes pupil oleh petugas,” tegasnya.

Dalam operasi ini sebanyak 30 orang penghuni kos dites urine dan didapati 2 orang positif menggunakan narkotika jenis Amphetamine dan 1 orang positif menggunakan methamphetamine dan amfetamine. Selanjutnya penghuni kos yang terindikasi positif menggunakan narkotika dibawa ke kantor BNN Batang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan asesmen. (han/zal)