alexametrics

Wihaji: Jadilah Pahlawan Masa Kini

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Peringati Hari Pahlawan, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Batang, melakukan penghormatan kepada para pahlawan dengan tiga prosesi. Tidak sekadar seremonial. Diharapkan perjuangan para pahlawan bisa dilanjutkan dengan menjadi pahlawan masa kini.

Peringatan diawali dengan upacara bendera di halaman kantor Bupati Batang. Bupati Wihaji sebagai pembinanya. Setelah itu prosesi ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu. Dalam prosesi itu dipimpin Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu. Ketiga, penghormatan pahlawan dilakukan dengan tabunga di Pantai Sigandu dengan inspektur upacara Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga.

Bupati Wihaji berharap masyarakat semakin menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.  “Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan, hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” ujarnya.

Baca juga:  Sambut Hari Pahlawan, Puluhan Cyclist Ziarah ke Makam Soegiarin

Sesuai tema Hari Pahlawan tahun ini, bupati ingin membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa. Untuk menjadi pahlawan masa kini. “Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapa pun warga Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI,” serunya.

Dicontohkan, seperti menolong sesama yang terkena musibah. Tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum. Tidak menyebarkan berita hoax. Tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah. Tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan. Memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Membawa harum nama bangsa di mata internasional,” tegasnya. (han/zal)

Baca juga:  Peringati Hari Pahlawan, Hotel Santika Premiere Semarang Galang Donor Darah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya