alexametrics

Desa Sodong Jadi Kampung KB Percontohan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Memiliki data kependudukan yang cukup rapi dan komplit, Bupati Batang Wihaji meresmikan Desa Sodong, Kecamatan Wonotunggal, sebagai kampung KB percontohan Rabu (9/10).

“Saya sangat terkesan dengan data kependudukan Desa Sodong, karena datanya lengkap mulai dari pendataan keluarga, data potensi desa, data anak sekolah hingga data lansia serta janda komplit dimiliki,” seru Wihaji.

Ditetapkanya Kampung KB Percontohan Desa Desa Sodong tingkat Kabupaten Batang karena terbukti dengan mengikuti program pemerintah melalui Keluarga Berencana adapeningkatan kesejahteraan bagi warganya.

“Sodong asli Ndeso jadi niat berkembangnya dan keinganan warga untuk maju sangat tinggi, sehingga kami mensupport sebagai kampung KB percontohan,” kata Wihaji saat meresmikan kampung KB di Desa Sodong.

Baca juga:  Bagikan Minyak Goreng agar Mau Divaksin

Berdasarkan data usia harapan hidup warganya, di desa tersebut mencapai 85 tahun lebih tinggi dari usai harapan hidup Provinsi Jawa tengah yang hanya 75 tahun.

“Datanya luar biasa dan berkualitas, data itu penting untuk digunakan Pemkab Batang,” ujarnya.

Dengan itu, pemerintah jadi tahu seberapa banyak usia produktif dan berapa anak balita dan berapa orang yang akan menikah dan punya anak. Intinya dengan KB hidup menjadi terencana sehingga keluarga dapat tercukupi kebutuhan sandang pangan papan, pendidikan serta kesehatannya.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Wagino mengatakan, Desa Sodong lingkunganya sangat asri, bersih dan rapi, sehingga bisa diikutkan dalam percontohan tingkat desa, kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

Baca juga:  Pemkab Batang Salurkan Rp 1,5 Miliar untuk Anak Yatim

“Tahun depan bisa diajukan untuk ikut penilaian kampung KB tingkat nasional, karena satu satunya kampung KB yang mampu mendeteksi dan mengidentifikasi permaslahan desanya dengan berbasis data,” jelas Wagino.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlundungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dr Muhklasin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Batang telah meresmikan 35 Kampung KB.

“Kampung KB percontohan harus aktif, tidak nganggur, tapi terus aktif melaksnakan untuk medukung dan meningkatkan keluarga yang berkualitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya