TMMD, Bangun Jalan dan Ternak Lele di Wonodadi

265
SERAHKAN: Bupati Wihaji menyerahkan bantuan air bersih dari PDAM Batang saat pembukaan TMMD sengkuyung tahap II Rabu (2/10).(Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
SERAHKAN: Bupati Wihaji menyerahkan bantuan air bersih dari PDAM Batang saat pembukaan TMMD sengkuyung tahap II Rabu (2/10).(Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Awal bulan Oktober 2019 ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0736 Batang, akan menggelar program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II di Desa Wonodadi, Kecamatan Bandar. Tidak hanya melakukan pembangunan fisik berupa jalan saja, tapi juga akan mengajari warga sampai ternak lele.

“Pada TMMD kali ini akan berlangsung selama 30 hari terhitung 2 Oktober sampai 31 Oktober 2019, yang sumber dananya dari ABPD Provinsi Jawa Tengah Rp 235 juta, ABPD Kabupaten  Batang Rp 200 juta yang totalnya mencapai Rp 435 juta,” ucap Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu melalui perwira pelaksana Kapten Inf Winarno saat pembukaan TMMD sengkuyung tahap II di Lapangan Wonodadi Rabu (2/10).

Dengan anggaran Rp 435 juta rencananya untuk mengaspalan jalan sepanjang 3 meter x 1.400 meter dan pembuatan tebing penahan jalan 3 meter x 5 meter. Selanjutnya, juga memberikan penyuluhan tentang perlindungan anak, tentang bina keluarga balita, penyuluhan tentang hidup bersih dan sehat, tentang rumah sehat, serta penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsasan.

“Untuk membangkitkan semangat wirausaha warga desa, TMMD juga memberikan penyuluhan pembibitan tanaman keras dan penyuluhan budidaya ikan lele,” kata Kapten Inf Winarno.

Bupati Batang Wihaji saat membuka kegiatan menegaskan bahwa TMMD merupakan bukti sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, antara Pemerintah Pusat dan Daerah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa.

“Melalui TMMD kita bisa menggali dan mendayagunakan potensi, serta mengatasi berbagai isu dab persoalan terkini dengan solusi,” katanya

Disampaikan juga TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan kemiskinan.

Dalam kegiatan upacara pembukaan TMMD tersebut Bupati Wihaji menyerahkan secara simbolis perwakilan penerimaan bibit Sengon sebanyak 100.000 pohon dan bantuan air bersih dari PDAM Batang. (han/zal)