alexametrics

Terbukti Gunakan Politik Uang, Pemenang Pilkades Siap Mundur

Artikel Lain

BATANG – RADARSEMARANG.ID – Pemerintah Kabupaten Batang sukses sosialisasikan Pemilihan Kepala Desa secara Sportif dan tanpa politik uang. Setelah sebelumnya puluhan desa secara kompak menggelar deklarasi, kini ditambah Desa Ketanggan di Kecamatan Gringsing juga ikut mendeklarasikan Pilkades yang bersih, bermartabat dan damai tanpa uang.
Bahkan keempat calon Kades bersama-sama membuat kesepakatan di depan Muspika , Panitia dan Pj Kades di Balai Desa setempat, pada Minggu (22/09/2019).
Yang intinya menegaskan bahwa setiap calon Kades akan bertarung secara jujur dan tidak akan membuat masalah usai penghitungan. Agra adil, pemasangan baliho kampanye, keempat calon Kades dalam satu spanduk sehingga kesan damai dirasakan oleh masyarakat
“Kesepakatan yang diikrarkan ini tergolong ekstrim karena memuat klausul bahwa jika yang mendapatkan suara terbanyak (pemenang) akan suka rela mengundurkan diri jika terbukti menggunakan politik uang atau berkampanye hitam,” seru Bupati Batang Wihaji melalui Camat Gringsing Rusmanto bangga.
Dijelaskannya, kampanye hitam yang dimaksud adalah kampanye dengan cara menjelekkan calon lain. Atau dengan cara curang lain, yang intinya menghina calon lain.
Rusmanto tetap mengingatkan, hendaklah jika terjadi pelanggaran lebih bijak dibawa ke ranah hukum melalui mekanisme ynag berlaku.
“Meskipun sudah menjadi kesepakatan tapi tidak serta merta calon terpilih bisa mundur karena pemerintah hanya mengakui yang memperoleh suara terbanyaklah yang menjadi Kepala Desa,” jelasnya.
Jadi apabila calon terpilih terbukti melakukan pelanggaran dan dengan sadar mengundurkan diri. Tapi tidak serta merta suara terbanyak kedua langsung naik, karena sesuai ketentuan sudah diatur, hanya yang memperoleh suara terbanyaklah yang menjadi Kepala Desa.
Sementara itu, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga melalui Kapolsek Gringsing AKP Sugiyanto, sesuai dengan regulasi ynag dibuat, saat kampanye Pilkades besok, Polres akan menerjunkan tim satgas anti money politik ke setiap desa. Mereka akan bertugas mengawasi dan menerima serta memproses laporan dari masyarakat. Kapolsek juga mengingatkan agar setiap calon Kades mengendalikan tim sukses masing-masing untuk tertib.
“Ini adalah gerakan moral yang luar biasa meskipun sanksi bagi yang melanggar belum punya payung hukum. Jika kesepakatan ini dilaksanakan maka tugas polisi menjadi ringan,” tegas Sugiyanto.(han)

Baca juga:  Pilkades Aman Warga Desa Plelen Syukuran

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya