alexametrics

Pemkab akan Ambil Alih Jalan Nasional 

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Kumuhnya jalur nasional di jalur perkotaan di Kabupaten Batang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah setempat. Bupati Batang Wihaji menyesalkan tidak ada perawatan jalan dan banyak pertokoaan yang kumuh, sehingga wajah jalan erlihat jelek.

“Jalan Sudirman Batang menjadi kritik masyarakat yang harus dibenahi agar Kota Batang tampak indah. Memang ramai tapi terkesan kumuh,” kata Wihaji saat susur kota Batang Sabtu (21/9).

Namun pemerintah setempat tidak bisa berbuat banyak, karena Jalan Sudirman di perkotaan Batang statusnya merupakan jalan nasional. Untuk itu, pihaknya berniat akan meminta 1,8 km jalan tersebut menjadi jalan kabupaten agar Pemkab lebih leluasa menata jalan.

“Salah satau problem kumuh pertokoan Jalan Sudirman karena pemilik tokonya sudah tidak ada di tempat. Sepinya pengunjung karena susah parkir, sebab adatnya jalan pantura dengan lalu lalang kendaraan truk-truk besar,” kata Wihaji.

Baca juga:  Masih Banyak WC Helikopter

Menurut Wihaji, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah melayangkan surat ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah menyetujui permintaan ambil alih tersebut, tinggal menunggu keputusan final dari pemerintah pusat.

“Kalau pemerintah pusat menyetujui permintaan pengelolaan jalan dialihkan Pemkab, tahun depan siap kita bangun median jalan, trotoar taman pemisan jalan,” sebut Wihaji .

Selanjutnya, Pemkab juga akan mengundang pemilik toko yang berada di Jalan Sudirman, untuk segera merenovasi agar tidak terkesan kumuh. Kalaupun tidak merenovasi, Pemkab siap mengecatnya agar kelihatan indah.

Agar ekonomi di jalur tumbuh, akan digulirkan regulasi bahwa kendaraan besar tidak diperbolehkan lewat jalur tersebut. Mereka harus masuk tol, agar masyarakat bisa beraktivitas ekonomi di jalan tersebut. Sehingga warga lokal nyaman bertransaksi, selain itu pertokoan juga akna lebih bersih dari asap kendaraan dan debu. (han/lis)

Baca juga:  Investasi Masuk di Kabupaten Batang Baru Rp 5,5 T

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya