Truk Terguling, Barang Muatan Dijarah

488
JADI REBUTAN: Warga saat menjarah barang bawaan truk yang kecelakaan di jalur lingkar Alas Roban Gringsing Batang, Selasa (17/9). (LUTFI HANAFI /RADARSEMARANG.ID)
JADI REBUTAN: Warga saat menjarah barang bawaan truk yang kecelakaan di jalur lingkar Alas Roban Gringsing Batang, Selasa (17/9). (LUTFI HANAFI /RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Sikap kurang tepat diperlakukan warga Batang yang melakukan penjarahan terhadap truk bermuatan air kemasan botol yang terguling di jalan lingkar Alas Roban Gringsing.

Tanpa malu, warga dari anak-anak, siswa sekolah, ibu ibu hingga orang dewasa satu bersatu mengambil minuman kemasan rasa jeruk untuk dibawah pulang. Kasatlantas Polres Batang AKP Ferdy Kastalani melalui Petugas Pos Lantas Luwes Gringsing Bripka Effendy menjelaskan, bahwa saat kejadian jalan lingkar Alas Roban sedang dalam perbaikan dan hanya dilalui separuh.

Akibat macet jalan yang masih diperbaiki terpaksa dibuka untuk mengalihkan arus. Truk gandeng yang memuat minuman botol,  yang dikemudikan seorang diri oleh Slamet Wahyudi, 49, warga Tongas Kulon Probolinggo ditengarai mengalami rem blong dan menyerempet dump truk dan dua kendaraan lain.

Dua kendaraan lain hanya lecet dan meneruskan perjalanan tanpa berhenti sedangkan dump truk tanpa muatan yang dikemudikan Ahmad Sarip, 50, warga Kradenan Pekalongan rusak bagian bak belakang kanan.

Namun truk gandeng terus melaju menghajar median dan lampu jalan sebelum menabrak bagian belakang trailer yang dikemudikan Sariyono, 40, warga Kandangan Gunung Surabaya. “Setelah menabrak trailer, truk gandeng oleng dan terbalik menumpahkan muatan ke jalan dan nyaris masuk tebing. Trailer dan truk gandeng beserta muatan menutup total jalan sehingga macet,” jelasnya.

Muatan minuman dari truk gandeng yang berhamburan di jalan mengundang warga untuk mengambil tanpa sungkan. Ada yang membawa karung dan bolak balik memakai sepeda motor tanpa peduli ada petugas.

Keadaan terkendali saat Danramil 03 Gringsing Kapten Dwi Kistanto yang kebetulan lewat bersama anggotanya ikut membantu pengamanan dan menghalau penjarah. Tapi tidak lama kemudian puluhan orang datang dari anak-anak sampai perempuan kembali menjarah.

Bahkan ada anak sekolah yang berhenti dan ikut mengambil. Anggota Polsek Gringsing yang ikut diterjunkan kuwalahan menghalau penjarah yang datang semakin banyak dan mengambil menggunakan karung.

Penjarah dengan licik melemparkan jarahan ke jurang di dekat lokasi kecelakaan dan si bawah sudah menunggu temannya yang mengumpulkan. Anak-anak kecilpun kucing-kucingan dengan petugas meskipun mengambilnya tidak sebanyak orang dewasa.

Untuk mengatasi ini petugas Lalu Lintas menyarankan pengemudi truk gandeng untuk segera mengevakuasi muatan memakai dump truck yang juga terlibat kecelakaan sebelum penjarahan berlanjut.

“Beruntung kecelakaan ini tidak menelan korban jiwa. Pengemudi yang terlibat juga tidak mengalami luka. Kerugian materiil sementara belum bisa di data. Namun sayangnya, korban dirugikan dengan penjarahan muatanya,” sesal Danramil Gringsing. (han/bas)