Warga Jepang Masak Moci di Jambore Pramuka Batang

332

RADARSEMARANG.ID – BATANG – Peringatan Hari Pramuka Nasional setiap 14 Agustus di Kabupaten Batang kali ini ada yang istimewa. Karena sejumlah warga Jepang yang bekerja di PT Bhimasena Power Indonesia, ikut meramaikan Jambore Pramuka dengan berbagai kegiatan, salah satunya memasak kue mochisuki di Lapangan Desa Karanganom, Kecamatan Kandeman, Rabu (14/8/2019).

Ratusan pelajar yang mengikuti kegiatan perkemahan Pramuka Jambore Ranting Kandeman sangat antusias mengikuti berbagai macam permainan dari Negeri Jepang dan juga sebaliknya.

Camat Kandeman Dwi Riyanto, menjelaskan pada Jambore kali ini, ada kegiatan pertukaran permainan budaya Indonesia dan Jepang.
“Adik adik pramuka dan tamu undangan, akan belajar budaya Jepang, dan sebaliknya warga Jepang akan ikut bermain ala budaya Indonesia,” terangnya.

Semua peserta dan tamu undangan terlihat sangat menikmati acara tersebut. Dimulai dari permainan lompat tali (Nawatobi), permainan melipat kertas (Origami), pembuatan makanan tradisional khas Jepang (mochitsuki), hingga menyanyikan lagu Doraemon bersama sama dengan menggunakan bahasa Jepang.

Selain para peserta Jambore Pramuka, para guru pembina hingga Camat Kandeman, dan Komandan Koramil Tulis tidak mau tertinggal dengan para siswa.
Mereka pun sangat antusias bergabung dalam kegiatan pembuatan kue mochitsuki, yang dibuat menggunakan beras ketan dan kacang tanah.

“Kami sangat senang dan bangga, bisa memberikan yang terbaik dalam kegiatan perkemahan Jambore Pramuka Ranting Kandeman tahun ini. Karena bisa memberikan ilmu pengetahuan dan pertukaran budaya dan permainan dari Negeri Jepang kepada peserta jambore,” ucap Direktur Operasional PT Bhimasena Power Indonesia Sirokhi Yamashita.
Setelah para pembina pramuka dan para siswa peserta jambore pramuka mendapatan permainan nawatobi, origami, mochitsuki.

Kini giliran para tenaga kerja asal Jepang mengikuti permainan tradisional Indonesia, gobak sodor. Para tenaga kerja asal negeri matahari terbit yang bekerja di PT Bhimasena Power Indonesia sangat antusias dan semangat mengikuti permainan gobak sodor.
“Kami sangat mengapreasiasi kepada para peserta perkemahan Jambore Pramuka ini,” ucapnya.

Menurut Yamashita, permainan yang mengutamakan tim work ini ada juga pembelajaran karakter dalam permainan tradisional gobak sodor.
“Permainan tradisional ini tidak ada di negeri Jepang, dan ini membuat kami bangga dan senang bisa bergabung dalam permainan trqadisional gobak sodor ini., “Ungkap Shiroki Yamashita, usai mengikuti permainan gobak sodor.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dijalankan oleh PT Bhimasena Power Indonesia untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat, Kampung Jepang yang sudah berjalan sejak awal tahun 2019.

Yamashita berharap, semoga program kegiatan perusahaan bisa berjalan lancar, bermanfaat dan selalu bersinergi dengan semua pemangku kepentingan sehingga bisa bersama dan saling menjaga kedamaian dan kenyamanan.(han/sas)