alexametrics

Pembangunan TOD Tunggu MoU Tripartit

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Pembangunan rest area berkonsep transit oriented development (TOD) di jalur tol Km 369, Desa Kedawung, Banyuputih, Batang, yang digagas Bupati Batang Wihaji, tinggal menunggu Memorandum of Understanding (MoU) tripartit, dari beberap pihak yang berkepentingan.

“Pemkab sudah melaksanakan MoU dengan PT Perkebunan Nusantara 9 selaku pemilik tanah. Dalam waktu dekat kita undang Kementerian PU PR, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebagai tindak lanjut untuk segara dieksekusi,” kata Wihaji usai audensi dengan Direktut PTPN IX di kantor bupati setempat Senin (12/8).

Ia juga menjelaskan realisasi konsep TOD masih menunggu perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), selanjutnya MoU dengan tripartite. Ke depan, TOD tidak hanya sebagai rest area tapi menggabungkan antara tempat istirahat, wisata dan UMKM yang terintegrasi. “Pembangunan TOD tidak menutup kemungkinan akan dilaksnakan oleh investor maupun BUMN,” jelas Wihaji.

Baca juga:  Bakal Kembangkan Lima Pelabuhan di Jateng

Sementara Direktur PT Perkebunan Nusantara Iryanto Hotagaol mengatakan, kerja sama pemkab dengan PTPN IX sudah sesuai regulasi, tinggal melanjutkan rencana di lapangan untuk segera eksekusi.

“Lahan PTPN yang digunakan seluas 157 hektare. Melalui penjelasan bupati kita segara mengeksekusi titik yang sudah disepakati, kita start rest area,” jelas Iryanto Hotagaol.

Direkrur PTPN juga berharap MoU Tripartite tahun ini bisa dilkasanakan, sehingga tahun depan sudah wujudnya TOD. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya