Reformasi Birokrasi Pacu Investasi

187
Reformasi Birokrasi Pacu Investasi
Reformasi Birokrasi Pacu Investasi

KUNKER: Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Batang saat mengunjungi kantor DPMPTSP Kota Tanjungpinang, pada Selasa (6/8).(LUTFI HANAFI /RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, TANJUNGPINANG – Investasi yang baik dan kondusif di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau, ternyata tidak terlepas dari reformasi birokrasi dan perbaikan berbagai aspek. Hal itulah, yang disarankan Pemkot setempat kepada rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Batang, yang melakukan kunjungan kerja, pada Selasa (6/8).
“Ada dua aspek yang wajib dibenahi dan ditingkatkan terkait penciptaan iklim investasi yang kondusif, yaitu infrastuktur dan suprastruktur. Namun dua aspek ini harus juga didukung dengan kualitas ASN yang akan menjadi pelayan masyarakat yang akan melakukan kegiatan investasi di Kota Tanjungpinang, kesimpulannya reformasi birokrasi, harus sejalan dengan pembangunan infrastruktur,” kata Kepala DPMPTSP Kota Tanjungpinang yang diwakili Sekretaris Supari.

Ditambahkannya, dalam kurun waktu kepemimpinan Kota Tanjungpinang yang baru, yang terlihat nyata sudah dilakukan pembenahan reformasi birokrasi. Dimulai dengan dikuatkannya struktur organisasi pelayanan di DPMPTSP. Yaitu memecah bidang penyelenggaraan perizinan menjadi dua bidang yakni A dan B, yang masing-masing akan lebih fokus pada pelayanan perizinan yang akan di berikan, sehingga percepatan pelayanan perizinan dapat terpenuhi.
“Kota Tanjungpinang juga telah melaksanakan peraturan Daerah tentang Tata ruang dan Detail Tata Ruang sehingga kawasan-kawasan peruntukan kegiatan ekonomi di Kota Tanjungpinang dapat tertata dan terpantau dengan baik,” imbuhnya.

Selanjutnya, melalui Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal juga telah disusun Rencana Umum Penanaman Modal Kota Tanjungpinang, yang penekanannya pada arah kebijakan pengembangan penanaman modal serta road map penanaman modal.

Selanjutnya juga ada pemberdayaan usaha, yang penekanannya pada pemberdayaan UMKM serta kemitraan UMKM dengan PMDN, BUMN, maupun pemerintah dengan harapan sektor ekonomi riil ini akan mampu mendongkrak perekonomian Kota setempat.
Ketua Rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Batang H Untung Nur Slamet, mengungkapkan sangat puas dengan berbagai informasi dan sambutan luar biasa dari Pemko Tanjungpinang melalui Dinas DPMPTSP.

“Kami dapat informasi dan ilmu yang banyak disini, sambutan tuan rumah juga bagus. Karena menghadirkan semua pejabat di lingkungan DPMPTSP. Sehingga semua informasi tersampaikan dengan baik,” tandasnya. (han/bas)