alexametrics

1.600 Atlet Bertalenta Khusus Berlaga di PeSONas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang –  Sebanyak 1.600 atlet bertalenta khusus atau penyandang disabilitas intelektual dari 23 provinsi berlaga di Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) di Kota Semarang, 4-8 Juli. PeSONas terbagi dalam 12 cabang olahraga dan 8 non cabang olahraga.

Mulai atletik, renang, bulutangkis, bola tangan, bola basket, senam ritmik, tenis meja, bocce, sepakbola, futsal, bola voli, hingga tari daerah. Sementara non cabang yakni healthy athletes, youth activation, family congress, motor activity training program (MATP), seni dan budaya.

Sekda Jateng Sumarno melepas 257 Kontingen Jawa Tengah yang terdiri dari 207 atlet dan 50 pelatih untuk berkompetisi pada ajang bergengsi nasional tersebut. PeSONas 2022 perdana ini merupakan pembaruan Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) SOIna yang rutin digelar empat tahun sekali. “Ini ajang persiapan menuju Special Olympic World Summer Games di Berlin Juni 2023,” katanya.

Baca juga:  Gundukan Hanoman Dikepras, Arus Jalan Siliwangi Dialihkan ke Subali Raya

Mengangkat tema “Akulah Bintang, Aman-Nyaman-Bahagia-Guyub Rukun” diharapkan dapat memberikan ruang ekspresi yang bisa diterima kalangan bagi anak bertalenta khusus. Untuk mensukseskan kompetisi tersebut, pihaknya membentuk Head of delegation (HOD) yang dipimpin Sujarwanto Dwiatmoko, kepala Dinas ESDM. Di dalamnya terdiri 20 anggota ASN dari berbagai OPD Jateng.

“Anak-anak bertalenta khusus punya kemampuan sama ketika diberi kesempatan sama. Di Indonesia menurut WHO ada dua persen ABK dari jumlah penduduk,” kata Kristijani Kirana, ketua Pengda Soina Jateng.

Pengelompokan kompetisi berdasarkan tingkat kemampuan masing -masing atlet dilanjutkan pembukaan di Holy Stadium Semarang, Senin (4/6) malam. Sebanyak 310 pelatih terjun mendampingi peserta di 9 venue kompetisi. 350 relawan ikut serta mensukseskan acara tersebut.

Baca juga:  Cetak Sejarah, Fikri/Bagas Juara All England 2022 setelah Kalahkan The Daddies di Final

Kompetisi seluruh cabang olahraga akan dimulai di masing-masing venue olahraga dan seni 5-6 Juli. Hari berikutnya dilanjutkan city tour dalam kota bagi seluruh peserta PeSONas 2022. “Terakhir closing ceremony sebelum kepulangan peserta pada 8 Juli mendatang,” tambahnya. (taf/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya