alexametrics

Jimat, Juara Video Inspirasi Pelajar Pancasila se-Jateng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – SMA Negeri 2 Semarang berhasil memenangkan Lomba Video Inspirasi Pelajar Pancasila se-Jawa Tengah. Video Jimat berhasil menyisihkan 68 karya dari sekolah lain.

Lomba diadakan BPTIK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng. Saat pengumuman, para peserta bersorak riang mengekspresikan antusiasme keberhasilannya.  Sebanyak 188 video dari peserta se-Jateng ikut dalam event tersebut. “Terdiri 17 karya best practice kepala sekolah, 69 video inspirasi pelajar Pancasila, 72 karya video filosofi budaya, 30 video merdeka belajar,” kata Kepala BPTIK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Siswanto.

Pembina lomba video dari SMAN 2 Semarang Tatit Novisahara sengaja mengangkat cerita soal jimat lantaran kedekatan dengan budaya di Indonesia. “Dulu kita sering menemukan orang-orang yang memakai jimat karena dipercaya membawa keberuntungan,” katanya.

Baca juga:  RSD Community Galang Dana

Video Jimat mengisahkan seorang siswa yang sempat terpuruk setelah mendapat peringkat rendah di sekolah. Kemudian ia diberi sebuah jimat oleh rekannya untuk meyakinkan dirinya sembari menyarankan belajar lebih keras. Saat ujian, jimat tertinggal. Dengan perasaan cemas siswa tetap mengikuti ujian dan berhasil.

Tim dari guru Pembina SMA Negeri 2 Semarang menggarap video Jimat selama sebulan. 15 hari untuk syuting dan dua minggu proses editing. Proses pengerjaan dimulai sepulang sekolah saat bulan Ramadan. Semua yang terlibat bekerja keras untuk menghasilkan karya yang membanggakan sekolah.

“Dari tahun ini mulai belajar sinematografi dan ikut lomba. Semoga bisa menginspirasi penonton sih video ini,” tutur seorang peserta didik yang terlibat dalam pembuatan video Jimat, Ratna Meita.

Baca juga:  26 Kafilah Jateng berlaga di Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI

Untuk juara 2 disabet tim SMATQ Abi-Ummi Boyolali 2 dengan judul karya Bumi Pertiwi Merajut Asa. Juara 3 dari tim SMA Negeri 1 Wanadadi dengan judul karya Kelas Marketer. (taf/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya