alexametrics

Selama Lebaran, Kejahatan Naik 295 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Angka kejahatan selama Lebaran 2022 mengalami peningkatan hingga 295 persen. Kendati begitu, masih dianggap dalam batas normal dan bisa diselesaikan hingga tahapan penyelesaian perkara. Sebab tidak sampai muncul kasus-kasus menonjol.

Hal tersebut terungkap dalam evaluasi kegiatan Operasi Ketupat Candi 2022 yang dipimpin Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Selasa (10/5) kemarin. Peningkatan tersebut juga sesuai prediksi Ditreskrimus dan Ditrekrimum Polda Jawa Tengah.

Menurut Kapolda, selama operasi ketupat candi 2022 terdapat 282 pos pengamanan di Jateng. Kemudian, kendaraan yang keluar Jateng pada arus balik lebih besar dibandingkan masuk pada saat arus mudik Lebaran 2022.

Baca juga:  Sekali Riding Bisa Diikuti 200 Cyclist

“Kendaraan yang masuk di wilayah Jateng sebanyak 753.345 kendaraan. Puncaknya 30 April 2022. Kemudian arus balik adalah 784.663 kendaraan yang meninggalkan Jateng,” bebernya.

Artinya antara arus mudik dan arus balik ada selisih 31.318 kendaraan yang meninggalkan Jateng. Hal ini karena durasi arus mudik yang panjang. “Sedangkan durasi arus balik lebih pendek. Itu adalah analisa kegiatan Harkantimselcarlantas yang kami lakukan,” ujarnya.

Kapolda Jateng mengatakan, selesainya Operasi Ketupat Candi, maka satu minggu ke depan akan dilaksanakan KKYD. Dari seluruh jajaran akan dilakukan evaluasi titik lokasi Pospam di Jateng. Mana saja Pospam yang dipertahankan dan diselesaikan.

“KKYD tetap kami gunakan pada orentasi arus balik dan Harkantimselcarlantas lainnya. Contoh Pospam yaitu tempat pariwisata kami pertahankan. Hal ini untuk meng-cover kegiatan masyarakat yang masih berlibur,” bebernya.

Baca juga:  May Day, Gubernur Ganjar Bagi Sembako ke Rumah Buruh

Sedangkan Pospam di rest area yang menjadi pintu masuk kegiatan masyarakat akan dipertahankan. Sedangkan pospam-pospam lainnya yang kurang mendukung kegiatan, akan dibubarkan.

Di sisi lain, Polda Jateng juga melakukan kesiapan bagi anggota. Sebanyak 1300 anggota polda Jateng telah melakukan swab dan hasilnya negatif atau nol zero Covid-19 untuk personel Polda Jateng. “Saya berharap Covid-19 di wilayah kita bisa dinetralisasi dan pembangunan terus beejalan sebagaimana biasa,” pungkasnya. (mha/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya