alexametrics

Puncak Arus Balik Jalan Tol Diprediksi 6-8 Mei 2022

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Arus kendaraan yang melintas masuk di gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang pada Selasa (3/5/2022) masih tinggi. Antrean kendaraan yang melakukan tapping e Tol mencapai sepanjang 500 meter.

“Antrean di gardu, masih mencapai kurang lebih 500 meter, dari arah barat masuk ke Kalikangkung. Masih tergolong banyak. Kalau arah Jakarta, arus balik, juga tinggi. Tapi setelah tapping tidak ada antrian, tapi juga sekitaran 500 meteran,” ungkap Humas JSB Semarang Barang, Andi Susilo kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (3/5/2022).

Jumlah kendaraan dari arah barat atau masuk ke gerbang tol Kalikangkung, hingga pukul 06.00 sampai 14.00, mencapai 17.734 kendaraan. Sedangkan arah sebaliknya, menuju barat atau Jakarta, di waktu yang sama tercatat 8.822 kendaraan.

Baca juga:  Status Merapi Siaga, Radius Lima Kilometer dari Puncak Harus Dikosongkan

“Masih tinggi, itupun sampai sekarang, kita belum dapat menyebutkan data karena nanti sampai pukul 22.00. Sampai pukul 16.15 masih ada antrian tapi lancar,” jelasnya.

Penerapan one way untuk arus balik atau dari barat masuk ke gerbang Kalikangkung telah selesai, Minggu (1/5/2022). Pintu gerbang tol Kalikangkung yang masuk mengarah barat atau Jakarta telah dibuka, Minggu (1/5/2022) sekitar pukul 14.00.

“Untuk gardu exit ada 19, itu yang mengarah masuk ke Semarang, sedang arah menuju Jakarta ada tiga gardu,” katanya.

Arus lalu lintas di ruas Jalan Tol Semarang Batang, pihaknya mengatakan ramai lancar. Menurutnya, kepadatan ini juga terjadi di Tol Semarang – Solo. Meski demikian, pihaknya tidak berani menjelaskan detail, dengan alasan sudah ada pihak masing-masing.

Baca juga:  Langgar Protokol Kesehatan, ASN Bakal Didenda

“Kalau di dalam kota itu KM 424 Tanjakan Stiekubang, Tol Jatingaleh – Krapyak (padat). Kemudian di arah Semarang-Solo juga sama,” imbuhnya.

Informasi yang beredar, ruas Jalan tol Semarang-Solo dilakukan contraflow, di KM 427 sampai KM 430, Selasa pukul 13.00. Contraflow, dua jalur dari jalur B dimasukan ke dalam jalur A. Kemudian di exit Tol Bawen juga mengalami kepadatan kendaran. Sedangkan rekayasa lalulintas juga dilakukan di Jalan gombel-bukitsari.

Terpisah, Operation and Maintenance Dept Head Tol Jatingaleh-Krapyak, Amat Basuni mengatakan arus lalin di ruas jalan tol Jatingaleh-Krapayak sempat mengalami kepadatan, sekitar pukul 10.00. Kepadatan ini terjadi mulai ruas Tol Manyaran sampai Simpang Susun Jangli.

“Itu satu arah saja yang mengarah ke Solo- Jogyakarta. Ada kepadatan beberapa jam, kami lakukan rekayasa lalin, di arah Solo di Jangli itu kami tutup, kami arahkan ke Muktiharjo. Disana kami putar balik baru menuju ke arah Solo-Yogyakarta lewat Tembalang,” jelasnya.

Baca juga:  Heboh, Uang Puluhan Juta Berceceran di Saluran Irigasi

Sedangkan jumlah kendaraan yang melintas, untuk Senin (2/5/2022) mulai pukul 06.00, sampai Selasa (3/5/2022) mencapai ratusan ribu. Jumlah ini mengalami peningkatan dari lebaran tahun sebelumnya.

“Kalau hari ini belum ketahuan, baru besok (Kamis pukul 06.00). Kalau yang sampai jam 06.00 pagi, Selasa, mulai dari kemarin (Senin) pukul 06.00, untuk realisasinya itu tanggal 2 Mei kemarin. Realisasinya lalinnya 109 347 ribu kendaraan. Naik 149 persen dari lalin lebaran tahun kemarin,” bebernya.

“Kalau nanti arus balik kami perkirakan tanggal 6,7,8 Mei,” imbuhnya. (mha/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya