alexametrics

Tak Kunjung Gelar Musda, KNPI Jateng Dinilai Langgar Mekanisme

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah mendapat sorotan tajam setelah tak kunjung laksanakan Musyawarah Daerah (Musda) meski masa jabatnya telah usai.

Pasalnya dengan periode kepengurusan 2018 sampai 2021, seharusnya Musda telah dilaksanakan. Namun kenyataannya hingga memasuki April 2022, pelaksanaan Musda tak kunjung terlihat titik terang. Tak ayal, tudingan pelanggaran mekanisme oleh kepengurusan KNPI Jawa Tengah pun mencuat.

Menyikapi hal tersebut, puluhan organisasi kepemudaan (OKP) di Jawa Tengah berkumpul untuk mendorong agar Musda KNPI Jawa Tengah segera dilaksanakan. Tercatat, tak kurang dari 32 OKP hadir berkumpul di rumah makan padang Simpang Raya, Kota Semarang, beberapa waktu lalu untuk merumuskan sejumlah rekomendasi kepada pengurus KNPI Jawa Tengah periode kepengurusan 2018 – 2021.

Baca juga:  Dua Pasien Covid-19 Sembuh setelah Jalani Isolasi Mandiri

Rekomendasi tersebut di antaranya mendesak Ketua KNPI Jawa Tengah segera mengambil satu kebijakan strategis sesuai dengan mekanisme organisasi, dengan fokus agenda menyelenggarakan Musda KNPI Jawa Tengah. Kemudian bagi steering committee dan organizing committee yang telah ditunjuk juga didesak untuk melaksanakan hasil keputusan rapat pleno dengan segera melaksanakan Musda KNPI Jawa Tengah.

Selain itu, 32 OKP yang hadir juga dengan tegas meminta agar fungsi KNPI Jawa Tengah dapat dikembalikan sebagai wadah berhimpunnya organisasi kepemudaan. Sementara itu dalam rekomendasi tersebut juga ditegaskan apabila hingga 7 hari ke depan tidak dilaksanakan Musda KNPI Jawa Tengah, maka Anggota MPI EX-OFFICIO akan mengambil langkah penyelamatan organisasi.

Baca juga:  Serius Bangun Inklusivitas di Jateng, Ganjar Godok Raperda Disabilitas Bareng DPRD

Terkait keputusan rekomendasi itu, Agus Susanto sebagai salah satu inisiator berkumpulnya 32 OKP tersebut menegaskan, hal tersebut penting dilaksanakan untuk membangun KNPI Jawa Tengah yang lebih baik, sesuai dengan mekanisme organisasi.

“Kami di sini berkumpul untuk menyamakan persepsi terkait kepengurusan KNPI Jateng saat ini. Semoga keputusan yang kami rumuskan bisa segera dilaksanakan. Sehingga KNPI Jawa Tengah bisa lebih baik sesuai mekanisme yang ada,” tegasnya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya