alexametrics

Tingkatkan Kesehatan, Kolaborasi 30 Provinsi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) berkolaborasi dengan FK KMK UGM, Asosiasi TNI dan Polri, BKKBN, YHKI, dan Koseindo untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di lingkungan UPT Pemasyarakatan, khususnya lapas dan rutan.

“Kolaborasi pengabdian masyarakat ini meliputi 47 lapas serentak di 30 provinsi. Di Jateng baru 6 lapas, lapas perempuan, dan lima lainnya lapas,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Jateng Widwiono kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain Lapas Kelas IIA Perempuan Semarang, bakti sosial diadakan di lima titik lainnya, yakni Lapas Kelas IIA Magelang, Lapas Kelas IIA Purwokerto, Rutan Kelas I Surakarta, Rutan Kelas IIB Salatiga, dan Rutan Kelas IIB Kudus.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng yang diwakili Kepala Divisi Administrasi Jusman bersama PLT Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto mengikuti kegiatan dari rangkaian Dies Natalis ke-76 FK KMK UGM.

Baca juga:  Warga Binaan Juga Wajib Tingkatkan Imun Tubuh

Pengabdian masyarakat itu resmi dibuka secara virtual oleh Wakil Ketua I KAGAMA Budi Karya Sumadi yang merupakan Menteri Perhubungan Republik Indonesia pada Sabtu (5/2). Budi mengapresiasi kolaborasi berbagai pihak dalam kegiatan ini. Karena program bakti sosial ini dinilai dapat memberikan informasi dan edukasi kesehatan langsung oleh pihak yang berkompeten.

Mantan Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo yang kini menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mengungkapkan banyak penyakit menular lainnya yang juga perlu diwaspadai selain Covid-19. Selain itu pentingnya kehadirah BKKBN untuk mendorong kembali program KB.

“Keluarga Berencana (KB) harus kita aktifkan kembali untuk meningkatkan SDM penduduk Indonesia, terlebih sekarang penurunan stunting juga menjadi pekerjaan BKKBN,” katanya.

Baca juga:  25 Satker Kemenkumham Jateng Diusulkan ke Panel TPI Pembangunan ZI WBK/WBBM

Warga binaan mendapat suntik vaksinasi Covid-19, penyuluhan keterampilan dan kepribadian dari KAGAMA, pemeriksaan kesehatan umum dan reproduksi bagi warga binaan, serta pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA).

Di lokasi tersebut Karumkit Bhayangkara Tingkat II Semarang M Khusnan, Kakesdam IV/Dip Kolonel Ckm dr. I Nyoman Linggih, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Widwiono, dan Kepala Lapas Kelas IIA Perempuan Semarang Kristiana H turut mengikuti kegiatan hingga siang hari. (taf/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya