alexametrics

Rayakan HUT PDI Perjuangan, Gelar Beragam Lomba

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Beragam lomba digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jateng mulai Minggu (9/1) kemarin. Lomba ini diselaraskan dengan tema nasional Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 PDI Perjungan “Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya.”

Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumanto mengungkapkan, perayaan nasional akan dihadiri seluruh pengurus yang merangkap pimpinan daerah, anggota DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi, dan DPR RI, serta pengurus DPP PDI Perjuangan, Senin (10/1) ini di Jakarta. “Meski begitu, upacara resmi tetap digelar di DPC dan DPD PDI Perjuangan di seluruh Indonesia sekaligus mendengarkan pidato ketua umum DPP PDI Perjuangan,” jelasnya.

Sejauh ini, kata dia, kegiatan memeriahkan ulang tahun yang sudah terlaksana, di antaranya tanam pohon, bersih-bersih sumber mata air, dan pembagian sembako di masing-masing DPC PDI Perjuangan dengan gambar Mbak Puan.

Baca juga:  Borobudur Highland Butuh Investasi Rp 1,5 Triliun

Sedangkan lomba-lomba yang digelar meliputi lomba tentang video pendek drama perjalanan Bung Karno, senam sehat, menanam tanaman obat herbal, lomba desa sehat, lomba olahan berbahan dasar sukun, maupun membuat makanan kuliner yang bahannya mencirikan khas Jateng. Juga digelar lomba desa bebas sampah, lomba daur ulang sampah, serta lomba video membuat pupuk organik agar menjadikan tanaman yang sehat tanpa pupuk kimia.

“Bahkan untuk mengantisipasi kenaikan harga minyak goreng, ada lomba memasak tanpa minyak goreng. Lombanya digelar sejak Januari ini hingga Mei mendatang,” katanya.

Diakuinya, lomba-lomba tersebut termasuk bagian sosialisasi mengajak masyarakat untuk kembali ke alam. Misalnya, kegiatan menanam pohon untuk meningkatkan sumber mata air. Lomba desa bebas sampah, ini bermuara untuk kembali merawat bumi. “Kita ini kan tidak menciptakan, tapi hanya merawat saja. Jangan sampai anak cucu kita nggak tahu,” ujarnya.

Baca juga:  Ikuti Duathlon, Raih Juara II

Bahkan di era milenial sekarang, pihaknya melibatkan kaum muda lewat Siber Juang atau Komunitas Juang. Apalagi 50 persen kader PDI Perjuangan merupakan kader muda. Termasuk memanfaatkan teknologi kekinian. “Dulu harus ketemu. Tapi dengan adanya pandemi Covid-19, semua bisa dilakukan dengan jarak jauh,” imbuhnya.

Terkait kesiapan Pemilu 2024 mendatang, PDI Perjuangan Jateng yang sudah menguasai kursi mayoritas sebesar 35 persen dari 120 kursi DPRD Jateng, menargetkan peningkatan lagi menjadi 50 persen lebih pada 2024. “Bu Mega juga menargetkan hat trick, yakni tiga kali memimpin,” tandasnya.

Sementara itu, lomba untuk memeriahkan HUT ke-49, PDI Perjuangan digelar ratusan kader militan PDI Perjuangan Jawa Tengah, Minggu (9/1/) siang. Berbagai lomba beregu dan individu digelar di halaman dan Gedung Panti Marhaen. Di halaman Kantor DPD PDI Perjuangan Jateng itu, Satgas Cakrabuana mengikuti lomba yel-yel tingkat nasional dengan cara mengirimkan video ke DPP PDI Perjuangan.

Baca juga:  Minta Hak Penyandang Disabilitas Diakomodasi

Dengan kompak dan semangat, para kader berusaha menampilkan yang terbaik. Sedangkan di dalam gedung, berbagai lomba beregu maupun individu antarkader digelar, seperti lomba tenis meja, lomba pembacaan dedication of life Bung Karno, dan Kahoot berjalan dengan meriah serta dinilai oleh juri profesional dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Krisseptiana Hendrar Prihadi mengatakan, selain untuk memupuk rasa kebersamaan antarkader, lomba ini juga sebagai ajang mengasah pengetahuan, terutama tentang sejarah Bung Karno. “Para kader mengapresiasi gelaran lomba yang diadakan dalam rangka HUT PDI Perjuangan kali ini,” ujarnya. (*/ida/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya