alexametrics

Gubernur Ganjar Seleksi Sembilan Calon Kepala Dinas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak sembilan kandidat kepala dinas mengikuti seleksi wawancara dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantornya, Selasa (4/1). Hasil seleksi akan langsung dimintakan rekomendasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk kemudian dilantik.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Wisnu Zaroh menyampaikan tiga kandidat terpilih akan memimpin sebagai kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, dan kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng.

“Wawancara bersama gubernur ini merupakan tahap seleksi terakhir,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kesembilan kandidat tersebut telah melalui proses seleksi cukup panjang. Mulai dari seleksi administrasi dengan 33 peserta terpilih. Lalu Uji Gagasan Tertulis (UGT). Kemudian uji kompetensi dan wawancara dengan panitia seleksi sebelum diwawancarai oleh gubernur.

Baca juga:  Kabupaten Klaten dan Kota Semarang Juarai Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah

Uji kompetensi yang dilangsungkan pun tidak dilakukan oleh BKD Jateng. Namun dipasrahkan kepada Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) untuk menjamin independensi, dan tidak adanya intervensi dari pihak mana pun. “Panitia seleksi telah menilai 16 kandidat sebelumnya, dan didapat sembilan peserta untuk diwawancarai gubernur,” imbuhnya.

Untuk calon Kalakhar BPBD Jateng, yakni Tri Harsono Widirahmanto, Bergas Catursasi Penanggungan, dan Arief Rahman. Kemudian untuk calon kepala Disdikbud Jateng yaitu Uswatun Hasanah, Kusno, dan Sadimin. Sedangkan calon kepala Distanbun, yakni Endi Faiz Effendi, Heru Djatmika, dan Supriyanto.

Dikatakan seleksi tahap terakhir bersifat rahasia, sehingga hasil dapat langsung diketahui saat telah disejutui oleh KASN dan dilantik secara terbuka. Dalam prosesnya, Wisnu menjamin profesionalitas dan independensi seleksi tersebut.

Baca juga:  Ribuan Buruh Geruduk Gubernuran, Tolak UMK 2022

Salah satu calon kepala Disdikbud Jateng Sadimin mengakui telah diwawancara langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. “Nggih siap mas, tadi sudah wawancara dengan Pak Gub,” kata pria yang sekarang menjabat kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jateng ini. (taf/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya