alexametrics

Sejuta Orang Keluar Masuk Jateng Selama Nataru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Dinas Perhubungan Jateng mendata 1.058.617 orang keluar dan 989.063 orang masuk Jateng dengan pendekatan asumsi selama 17 Desember 2021 sampai 1 Januari 2021. Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu tadi malam (2/1).

Plt Kepala Dishub Jateng Henggar Budi Anggoro memaparkan, pemerintah awalnya memprediksi akan ada sebanyak 4,8 juta orang masuk Jateng. Namun realitanya tak sebanyak itu. Pengguna angkutan umum tercatat sebanyak 500 ribu orang, sedangkan sisanya melalui jalur tol. “Puncak arus masuk Jateng itu pada 18-19 Desember lalu, malam ini (tadi malam) kami prediksi arus balik,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Tercatat, sebanyak 171.471 kendaraan golongan I memasuki tol di Jateng, sedangkan 150.475 keluar dari tol Jateng. Lalu pada hari berikutnya 189.344 kendaraan masuk tol Jateng, dan 154.997 keluar tol wilayah Jateng. Angka sempat naik kembali pada 26 Desember 2021 atau setelah libur Natal.

Baca juga:  Salurkan Beras untuk 10 Juta KPH-PKH

Dikatakan, tak semua kendaraan yang melintasi Jateng bertujuan ke daerah di Jateng. Karena banyak di antaranya yang hanya lewat saja dengan tujuan Jawa Timur. Begitu pun sebaliknya, pengendara yang bertujuan ke Jakarta dan Jawa Barat tak jarang melintasi kawasan Jateng.

Pada Minggu siang kemarin, sebanyak 2.010 kendaraan tercatat keluar melalui Gerbang Tol Kalikangkung. Hingga pukul 15.00, total kendaraan masuk tol menuju arah Jakarta 15.332 dan kendaraan keluar gardu memasuki Semarang 10.347. Jumlah tersebut belum termasuk pengendara non jalur tol.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pihaknya sudah bersinergi bersama Polda Jateng untuk menertibkan lalu lintas. Kemudian semua anggotanya yang bertugas telah siaga di posko masing-masing.  “Total kendaraan masuk tol sejak 17-30 Desember sebanyak 2.001.373 kendaraan golongan 1,” bebernya.

Baca juga:  Wisata Edukasi Gerabah Makin Bergairah

Sementara itu, Manager Area Jalan Tol Semarang-Batang Agus Pramono membeberkan, jumlah kendaraan yang keluar dari Kota Semarang di di Gerbang Tol Kalikangkung selama dua hari kemarin mencapai 50 ribu kendaraan.

“Saya lihat gate satu ini tadi (Minggu siang) sekitar 10 ribu kendaraan menuju arah Jakarta. Ya, mungkin nanti sore terjadi lonjakan seiring dengan habisnya waktu libur,” ungkap Agus Pramono kepada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (2/1).

Disebutkan, pada 1 Januari, kurang lebih 40 ribu kendaraan melewati Gerbang Tol Kalikangkung. Rinciannya,  kendaraan ke arah Jakarta sebanyak 21.900 unit, dan arah ke Semarang hampir 19 ribu kendaraan.

Pihaknya menjelaskan, selama Nataru sejak 15 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022 tercatat kurang lebih 364 ribu kendaraan yang keluar Semarang. Kemudian untuk intrance-nya sekitar 330 ribu kendaraan yang melewati Kalikangkung.

Baca juga:  Usai Upacara HUT Bhayangkara, Kapolda Jateng Dapat Surprise dari Jawa Pos Radar Semarang

“Artinya antara intrance sama exit berimbang. Jadi, kita juga fokus pada arus balik di exit. Pada saat nanti pengguna jalan yang kemarin dari Kota Semarang menuju arah Jakarta atau Bandung akan balik lagi ke Semarang. Jadi, persiapan kita juga di Kalikangkung,” jelasnya.

Dikatakan, dibanding Nataru 2020, pihaknya menyebutkan jumlah kendaraan mengalami peningkatan sekitar 18,2 persen untuk yang arah Semarang.”Untuk kendaraan yang ke arah Jakarta juga meningkat kurang lebih 24,1 persen. Jadi, ini justru lebih tinggi daripada yang ke arah Semarang. Ini fenomena baru,” tandasnya. (taf/mha/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya