alexametrics

Keliling Gereja, Ganjar Sapa Jemaat Misa Natal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang  – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyapa para jemaat Misa Natal di beberapa gereja sambil gowes keliling Kota Semarang Sabtu (25/12). Baik Ganjar maupun para jemaat saling berterima kasih karena telah berbagi kebahagian di tengah situasi pandemi yang belum usai.

Tiga tempat yang disambangi Ganjar saat gowes antara lain Gereja Katolik St Theresia Bongsari, Gereja SMA Kolese Loyola, dan Gereja Santo Franciscus Xaverius Kebon Dalem. Suasana Misa Natal di tiga gereja tersebut berlangsung penuh sukacita dan penuh ketaatan protokol kesehatan (prokes).

Saat Ganjar tiba Gereja Katolik St Theresia Bongsari, para jemaat sedang khusuk mendengarkan khutbah. Ganjar memilih untuk tetap menyaksikan dari luar. Di teras gereja itu, Ganjar melihat sebuah instalasi yang dibuat oleh pihak gereja untuk memaknai perayaan Natal di tengah pandemi seperti ini.

Berikutnya Ganjar mampir di SMA Kolese Loyola. Di sana Ganjar melihat para jemaat yang kebanyakan lansia berdatangan untuk mengikuti Misa Natal. Mereka terlihat sangat bahagia terlebih saat Ganjar datang berkunjung dan mengucapkan selamat.

Baca juga:  Pelantikan Bupati dan Wali Kota Terpilih Digelar Virtual

Hal yang sama juga terlihat saat Ganjar tiba di Gereja Santo Franciscus Xaverius Kebon Dalem di Gang Pinggir. Sambutan hangat dari Romo dan para jemaat gereja membuat Ganjar tidak berhenti tersenyum. Terlebih saat ia mendapat kesempatan menyapa langsung jemaat di dalam gereja.

“Romo, bapak-ibu, mohon maaf, saya menginterupsi ibadah jenengan. Mudah-mudahan tidak terlalu mengganggu. Tapi hari ini tentu sebagai gubernur begitu senang saya menyaksikan bapak-ibu bisa bersukacita dalam suasana Natal ini,” kata Ganjar di depan para jemaat.

Kedatangannya pagi itu hanya untuk memastikan perayaan Natal tahun ini berjalan lancar dan nyaman. Meskipun masih dalam kondisi pandemi. Ganjar mengaku sangat bahagia ketika melihat wajah para jemaat yang bersukacita dalam Natal tahun ini.

“Kalau tidak salah ini Natal tahun ketiga kita merasakan situasi yang tidak nyaman. Saya menyampaikan terima kasih atas ketaatan bapak-ibu semuanya. Disiplin bapak-ibu pada prokes saya harapkan itu selalu terjaga. Salam saya untuk seluruh keluarga. Selamat Natal,” katanya.

Baca juga:  Gus Yasin: Kenakan Batik Bentuk Bangga Warisan Nenek Moyang

Romo EG Willem Pau Pr yang memimpin Misa Natal di Gereja Santo Franciscus Xaverius Kebon Dalem menyampaikan terima kasih karena Ganjar bersedia mampir, mengajak, dan mengingatkan semua untuk bahagia.

“Kami yang sebagian besar keturunan Tionghoa, kamsia. Terima kasih, sembah nuwun, karena mengajak dan mengingatkan untuk bahagia. Kebetulan hari ini saya juga mau mengajak umat semua bahagia di sini maupun yang nonton streaming. Salam damai,” kata Willem.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Romo Marcelinus Tanto. Menurutnya, sapaan merupakan hal sederhana yang membawa kebahagiaan, kegembiraan, dan sukacita. Ia merasa bangga sebagai masyarakat Jateng karena memiliki pemimpin yang perhatian kepada seluruh kalangan masyarakat.

“Kami merasa bangga sebagai masyarakat Jateng karena perhatian beliau kepada kami, juga kepada seluruh masyarakat yang luar biasa,” ungkapnya usai Ganjar mengunjungi Gereja Santo Franciscus Xaverius Kebon Dalem.

Tak hanya itu, Ganjar juga berkeliling ke Gereja Alfa Omega dan Gereja Atmodirono Semarang. Bahkan, menyempatkan bersilaturahmi ke kediaman Romo Rubiyatmoko di kawasan Gereja Katedral Semarang.

Baca juga:  Gas Lur! Rekrutmen CASN Pemprov Jateng Dimulai

Saat tiba di Keuskupan Agung Semarang, Ganjar langsung disambut Romo Robertus Rubiyatmoko. Usai ngobrol sebentar, Ganjar diajak masuk ke ruangan untuk makan bersama

Menu yang disajikan adalah bakso, sukiyaki, dan sate ayam. Ganjar, Romo Robertus Rubiyatmoko bersama Romo lain makan satu meja, sambil ngobrol bersama. Sesekali, Ganjar juga melempar candaan pada suster-suster yang ada di sana. “Suaranya tadi bagus lho, latihan berapa lama? Itu kok rambutnya sama dengan saya, putih,” candanya disambut tawa ger-geran.

Ganjar mengatakan, sampai saat ini, semua kegiatan Natal di Jateng berjalan lancar dan aman. “Alhamdulillah sampai hari ini lancar karena persiapannya memang bagus. Prokesnya ketat dan ada Satgas yang mengawasi. Saya juga melihat umat semua ceria. Dibanding tahun lalu, tahun ini lebih banyak umat yang bisa merayakan Natal ke gereja. Saya senang melihat semua umat bahagia,” katanya. (taf/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya