alexametrics

Jawa Tengah Siap Jadi Tuan Rumah PeSONas 2022

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Jawa Tengah (Jateng) bersama Bank Jateng menunjukkan kesiapannya menjadi tuan rumah rumah tuan rumah Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) yang akan digelar Juli 2022. Kesiapan tersebut ditandai dengan launching PeSONas di Stadion Manahan Surakarta Kamis (9/12/2021) malam.

Dihadiri langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Jateng Ony Suharsono serta Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming dan sejumlah Bupati di wilayah Solo Raya, launching PeSONas di halaman Stadion Manahan Solo berlangsung meriah dengan rintik hujan yang mengguyur Kota Surakarta di sore hingga malam.

Acara launching PeSONas diadakan di dua tempat, yakni Kota Surakarta dan Grobogan. Acara launching PeSONas berlangsung meriah dengan pementasan tari dan musik oleh anak-anak bertalenta khusus serta penyalaan obor secara hybrid dari Api Abadi Mrapen di Grobogan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Nantinya untuk mensosialisasikan acara PeSONas sekaligus mengkampanyekan anak-anak bertalenta khusus, akan dilakukan kirab Obor Virtual sejak 9 Desember 2021 sampai dengan awal Juli 2022 dengan melintasi 42 Kabupaten/Kota di 5 Provinsi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan DIY. Pada perjalanan Obor PeSONas tersebut direncanakan akan diisi dengan ekspresi seni dan budaya sebagai wujud kegembiraan anak-anak bertalenta khusus dan masyarakat umum.

Baca juga:  Tak Netral, Pendamping Desa Di-Warning

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, PeSONas di Jawa Tengah menjadi ajang kreasi bagi anak-anak bertalenta khusus untuk menunjukkan prestasinya. Pemerintah hadir memberi ruang yang sama dan melayani mereka untuk memiliki kemandirian dan menunjukkan prestasi, seperti anak-anak normal lainnya. Pada kesempatan tersebut, Ganjar juga memberikan apresiasi kepada atlet SOINA Jawa Tengah yang berprestasi pada ajang internasional Special Olympic World Summer Games (SOWSG) di Abu Dhabi.

Ganjar mengaku betapa membahagiakannya anak-anak berbakat ini bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia dengan mengibarkan bendera Merah Putih. Menurutnya dengan adanya event ini dapat memberikan ruang bagi mereka untuk menunjukan prestasinya, meningkatkan kecakapan dan kepercayaan diri mereka. “Kita akan ikut serta mendorong, mengawal, dan saya ingin PeSONas 2022 sukses,” ucapnya.

Baca juga:  Data Pusat Semarang dan Salatiga Masuk Zona Merah, Gubernur Ganjar: Data Kita Justru Kabupaten Brebes

Ia juga ingin peran serta masyarakat dan keluarga dalam memberikan ruang kepada anak-anaknya. Sehingga anak-anak ini bisa lebih enjoy dalam melakukan aktivitas dan pastinya akan membanggakan kedua orang tuanya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat SOINA Warsito Ellwein menyampaikan acara PeSONas I Tahun 2022 di Jawa Tengah mengusung tema Akulah Bintang sebagai apresiasi dan motivasi bagi anak-anak bertalenta khusus untuk lebih memiliki kemandirian dan mampu berprestasi tinggi. “PeSONas hanya sebagian momen kecil, bagi kita untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat, bahwa anak-anak bertalenta khusus memiliki kesempatan yang sama dengan orang normal lainnya” ujar Warsito.

Ketua Panitia Pelaksana Ony Suharsono menambahkan ucapan terima kasih atas kepercayaan Provinsi Jawa Tengah sebagai tuan rumah PeSONas I tahun 2022. Ia menjelaskan event PeSONAs tahun depan diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 2.500 orang, yang terdiri dari atlet, pendamping dan relawan, sehingga diharapkan akan meningkatkan pariwisata dan ekonomi di Jawa Tengah.

Baca juga:  Stok Pupuk Subsidi Jateng Masih 125 Ribu Ton

Menurut Ony, acara PeSONas yang melibatkan banyak orang juga untuk menunjukkan Jawa Tengah Gayeng yang aman, nyaman, gembira dan bahagia untuk semua. “Kami sangat berterima kasih dengan dukungan Pemerintah Daerah, mitra usaha dan masyarakat yang antusias pada acara PeSONas di Jawa Tengah” ucap Ony Suharsono, yang juga menjabat Direktur Bank Jateng.

PeSONas merupakan event multicabang olahraga bagi atlet-atlet bertalenta khusus (disabilitas intelektual) dari seluruh Indonesia yang digelar setiap empat tahun sekali yang diselenggarakan oleh pengurus Special Olympic Indonesia (SOINA). Berbeda dengan event Pekan Olah Raga Nasional (PORNAS) SOINA sebelumnya, untuk pertama kalinya PeSONas di Jawa Tengah tahun depan tidak hanya mempertandingkan 12 cabang olahraga namun juga diselenggarakan dengan pementasan seni budaya dan eksibisi ilmu pengetahuan (sains). (rfk/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya