alexametrics

26 Kafilah Jateng berlaga di Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 26 kafilah Jateng berangkat untuk berlaga dalam Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI ke Sofifi, Provinsi Maluku Utara. Mereka secara simbolis dilepaskan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Rabu (13/10).

Ganjar optimistis kafilah STQ bisa memberikan yang terbaik membawa nama Provinsi Jateng, keluarga, dan pribadi masing-masing. “Saya yakin para pelatih dan pembina sudah mempersiapkan sebaik-baiknya agar Jateng menjadi juara,” katanya.

Secara khusus Ganjar berpesan, agar para kafilah tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) agar kejadian di PON Papua belum lama ini tidak terulang di STQ Sofifi, Maluku Utara. Semua peserta dan pendamping harus sudah vaksin dan swab untuk memastikan kesehatan sebelum berangkat. “Karena masih pandemi, semua harus taat protokol kesehatan,” tegasnya.

Baca juga:  Sidak PPDB, Ganjar: Curang Langsung Coret

Pimpinan Kafilah Provinsi Jateng Musta’in Ahmad mengatakan, kontingen akan mengikuti semua cabang yang dilombakan di arena STQ Nasional XXVI di Sofifi yang berlangsung 14-23 Oktober 2021. Sebelum berangkat para peserta mengikuti pembinaan dan karantina. “Ada sebanyak 26 qari-qariah, hafidz-hafidzah dan mufasir-mufasirah yang kami siapkan untuk berlaga di Sofifi,” katanya.

Setidaknya bakal ada sepuluh cabang yang akan diikuti peserta dari Jateng. Yaitu tilawah anak-anak (putra-putri) dan tilawah dewasa. Cabang tahfidz 1 juz dan tilawah, tahfidz 5 juz dan tilawah, tahfidz 10 juz, tahfidz 20 juz, tahfidz 30 juz, tafsir bahasa Arab, hafalan 100 hadis dan hafalan 500 hadis. “Kegiatan ini kami harap bisa membentuk manusia yang mampu mengimplementasikan ajaran Alquran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Baca juga:  Kasus PMK Meningkat, Tapi Stok Kurban Masih Aman

Jateng dari ujung ke ujung adalah cikal bakal dari penyebaran ajaran agama Islam di Nusantara. Para peserta merupakan anak cucunya Walisongo meskipun dari jalur yang jauh. “Sebenarnya merekalah penerus Rasulullah SAW dan Walisongo untuk membawa Alquran dalam kemuliaan,” tambahnya. (fth/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya